Kenapa Alien Tak Juga Tampak di Bumi? Ahli Ungkit Faktor Matahari

Para ahli mengungkap alasan alien malas datang ke Bumi, yakni Matahari kita yang tidak memenuhi kebutuhan para alien.

Jakarta, CNN Indonesia

Para ahli mengungkap alasan alien malas datang ke Bumi, yakni Matahari kita yang tidak memenuhi kebutuhan mereka.

Dalam sebuah studi terbaru para peneliti menjelaskan alasan alien tidak datang ke Bumi kemungkinan karena tata surya kita tidak menawarkan apa yang diinginkan oleh peradaban maju dan berumur panjang seperti alien. Salah satu di antaranya adalah jenis bintang yang tepat.

Peneliti merujuk pada hipotesis yang menyebut alien atau kehidupan dengan peradaban berkembang cenderung memilih sistem bintang atau tata surya yang mereka datangi.

“Kami menyarankan, mengikuti hipotesis Hansen & Zuckerman (2021), bahwa peradaban yang berkembang secara istimewa akan menetap di sistem K- atau M-kerdil bermassa rendah, menghindari bintang bermassa lebih tinggi, untuk memaksimalkan umur panjang mereka di galaksi,” kata para peneliti, seperti dikutip dari ScienceAlert.

Bintang katai K dan katai M (katai merah) sendiri diketahui sebagai bintang yang berumur panjang.

Menjelajah tata surya lain akan membutuhkan banyak sumber daya, bahkan untuk peradaban yang luar biasa maju. Maka dari itu, menghabiskan sumber daya pada sistem bintang yang mungkin tidak bertahan lama akan menjadi sia-sia.

Peneliti studi ini menghitung perkiraan baru untuk waktu yang dibutuhkan alien untuk mendatangi galaksi lain jika peradaban itu hanya menargetkan katai K dan katai M.

Para peneliti mengatakan perjalanan tersebut akan memakan waktu dua miliar tahun bagi sebuah peradaban alien mencapai semua bintang bermassa rendah.

“Ini akan membutuhkan kemampuan perjalanan antarbintang tidak lebih dari sekitar 0,3 tahun cahaya untuk menyelesaikan semua bintang katai merah dan sekitar 2 tahun cahaya untuk menyelesaikan semua bintang katai K,” ujar mereka, seperti dikutip dari Universe Today.

Dengan kemampuan menjelajah yang lebih baik, alien bahkan dapat secara dramatis mengurangi rentang waktu dua miliar tahun menjadi hanya dua juta tahun.

Perkiraan tersebut didasarkan pada peradaban alien yang menyebar melalui galaksi dalam gelombang. Dalam beberapa periode waktu, peradaban alien juga bisa menunggu sebuah peradaban bintang mendekat agar menguntungkan dan memudahkan perjalanan mereka.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com