iPhone 15 Masuk Proses Administrasi di RI, Cek Prediksi Harganya

Para pengguna mengeluh iPhone 15 yang baru saja meluncur ternyata memiliki segudang masalah. Apa saja masalahnya?

Jakarta, CNN Indonesia

iPhone 15, yang resmi meluncur Rabu (13/9) di Amerika Serikat dengan harga termurah US$799 atau Rp12,26 juta, terdeteksi mulai diproses di Indonesia. Simak prakiraan harganya.

Seri terbaru iPhone itu juga sudah terdaftar di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di situs Kemenperin. Ada empat seri iPhone baru yang sudah mendapat sertifikat TKDN, yaitu A3094 (iPhone 15 Plus), A3090 (iPhone 15), A3102 (iPhone 15 Pro), dan A3106 (iPhone 15 Pro Max).

Direktorat Jenderal Sumber daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kominfo juga sudah menerbitkan sertifikat keempat varian iphone 15, yakni A3094 (iPhone 15 Plus), A3090 (iPhone 15), A3102 (iPhone 15 Pro), dan A3106 (iPhone 15 Pro Max).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setidaknya ada empat perusahaan yang sudah mendaftarkan iPhone 15 di situs SDPPI Kominfo, yakni PT. Erajaya Swasembada (pemilik retail iBox), PT. Mapple Mitra Adiperkasa (pemilik retail Digimap), PT Hartono Istana Teknologi dan PT Apple Indonesia.

Prediksi harga

Untuk urusan harga, gadget besutan AS itu dibanderol mulai dari US$799 atau Rp12,26 juta pada tipe paling rendah dengan kapasitas 128GB. Lalu berapa harga pasaran di Indonesia?

Apabila mengacu pada ketersediaan iPhone 14 di September 2022, beberapa distributor membanderol smartphone itu dengan harga yang lebih tinggi ketimbang harga di pasaran AS.

Dikutip dari toko milik distributor resmi Apple di RI Erajaya, iBox, harga sejumlah varian iPhone14 itu lebih mahal Rp4 jutaan hingga Rp5 jutaan ketimbang seri yang dirilis di AS.

Perbedaan harga itu terutama terkait dengan berbagai pajak dan bea masuk yang dikenakan pada ponsel.

Dengan demikian, bisa jadi tipe iPhone 15 paling rendah di Indonesia dibanderol sekitar Rp16 jutaan, sementara untuk yang paling mahal kemungkinan dibanderol sekitar Rp30 jutaan.

Apa yang baru?

Apple akhirnya menjawab rumor spesifikasi iPhone 15 di luar sana. Salah satu fitur terbaru pada ponsel premium ini adalah colokan USB-C. Perusahaan mengganti Lightning connector pada seluruh seri iPhone 15 terbaru mereka, dari yang reguler sampai Pro Max.

Selain itu, Apple menyematkan tombol Action Button pada seri iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Tombol ini menggantikan Mute Switch atau saklar ‘silent’ yang ada pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Tombol ‘silent’ pada iPhone sebelumnya berguna untuk mengalihkan secara cepat ponsel dari mode dering ke sunyi dan sebaliknya.

Sementara itu, Action Button memungkinkan pengguna memilih jenis tindakan cepat yang ingin diakses.

Lewat Action Button, pengguna tidak hanya hanya bisa mengalihkan iPhone dari mode dering ke mode sunyi, tapi juga dapat memilih beberapa tindakan cepat lain seperti membuka kamera, menyalakan lampu flash, dan lainnya.

[Gambas:Video CNN]

(can/dir)




Sumber: www.cnnindonesia.com