IOH Ungkap Beda Traffic Periode Natal dan Tahun Baru dengan Lebaran

Perbedaan traffic atau angka lalu lintas pelanggan saat Natal dan Lebaran terletak pada pusat keramaiannya. Simak penjelasan Indosat berikut.


Jakarta, CNN Indonesia

Dua periode puncak traffic atau lalu-lintas pengguna data dalam setahun, yakni musim libur Natal dan Tahun Baru serta Lebaran, punya perbedaan mendasar dalam hal pusat keramaiannya.

“Kalau musim Lebaran itu traffic-nya berpusat di pelosok-pelosok. Dari yang tadinya sepi-sepi aja tiba-tiba jadi ramai pengguna,” jelas Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), saat ditemui di Jakarta, Kamis (21/12).

“Sementara kalau periode Nataru itu yang ramai di tempat-tempat wisata. Pelosok enggak begitu [ramai],” lanjutnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

IOH memproyeksikan lonjakan traffic data mencapai sekitar 11,5 persen selama momen liburan tahun baru dibandingkan rata-rata harian.

Lonjakan ini diperkirakan dipicu oleh meningkatnya penggunaan jejaring sosial seperti WhatsApp, Facebook, Youtube, hingga aplikasi gaming seperti Mobile Legends, Roblox, PUBG.

“Enggak sebesar Lebaran sebenarnya [traffic data] kalau periode Natal dan Tahun Baru. Tapi terus kita pantau,” ucap Ritesh.

Berdasarkan keteranganIOH, kenaikan traffic data di masa puncak Lebaran 2023, yakni di malam takbiran, mencapai 25 persen dibanding hari biasa.

Secara rata-rata, kenaikan lalu lintas data di periode libur Lebaran mencapai 15 persen.

Yang paling memicu kenaikan adalah pemakaian media sosial yang melonjak 45 persen, app perpesanan dan panggilan video naik 28 persen, game mobile 14 persen, streaming video dan musik naik 10 persen dibandingkan dengan lebaran tahun lalu.

Untuk mengantisipasi peningkatan yang signifikan terhadap permintaan data menjelang akhir tahun, IM3, salah satu produknya IOH, mengoptimalisasi infrastruktur jaringan dan kapasitas jaringan.

Bentuknya, optimisasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.

Indosat juga sudah menggelar uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

“Kami berkomitmen untuk terus mengoptimalisasi jaringan guna memberikan pengalaman internetan yang cepat, semakin luas, dan stabil melalui layanan IM3 kepada seluruh pelanggan di Indonesia,” ujar Ritesh.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com