Internet Gratis Ganjar Buat Prabowo Klarifikasi, Kominfo Buka Suara

Apa kata Menkominfo Budi Arie Setiadi soal kemungkinan penerapan internet gratis di Indonesia?


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menilai “masuk akal” penerapan program internet gratis buat warga lantaran sudah jadi kebutuhan pokok.

“Masuk akal. Internet ini kan sudah hampir kaya oksigen ya. Kebutuhan pokok masyarakat. Internet gratis ini sangat mungkin karena haknya rakyat untuk memperoleh bandwith akses konektivitas, itu haknya rakyat. Pemerintah wajib memenuhi,” kata Budi, ditemui di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan, Rabu (3/1) dikutip dari detikcom.

Hal ini dikatakannya menanggapi program internet gratis calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Program ini sempat menjadi bahan perdebatan pada debat terakhir capres, Minggu (4/2).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mulanya, Ganjar mengaku punya program internet gratis untuk sekolah dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ia pun menyinggung pernyataan Prabowo yang ingin internet gratis itu “otaknya lambat.”

Sementara, sindir Ganjar, cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming Raka, banyak bicara soal hilirisasi digital di saat ketimpangan digital masih terjadi di Indonesia.

“Mungkin tidak lengkap yang bapak dengar ucapan saya. Yang saya katakan adalah mana yang lebih penting internet gratis atau makan grartis untuk orang yang sedang susah, untuk orang miskin, untuk orang kalangan bawah,” timpal Prabowo.

“Kalau internet gratis, saya setuju. Tapi jangan internat gratis lebih dipentingkan daripada makan hratis. Makan itu mutlak untuk rakyat kita,” lanjutnya.

“Inilah hebatnya kalau coverage-nya internet bagus pak. Jejak digital tidak akan pernah hilang, Pak Prabowo. Maka statement bapak yang hari ini mencoba mengklarifikasi, rasa-rasanya di publik sudah lewat, pak. Karena pertanyaan bapak itu sangat klir dan membandingkan itu,” balas Ganjar.

“Maka kalau kita bicara bahwa orang yang pilih internet gratis otaknya, maaf, lambat, saya kira statement itu sangat sadis,” ucap mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

“Maaf pak Ganjar, saya tegaskan kembali dalam konteks internet gratis kalau dibandingkan dengan makan gratis mana yang lebih diprioritaskan? maksud saya adalah makan gratis diprioritaskan. Bukan berarti internet gratis tidak penting. Sama sekali tidak,” dalih Prabowo.

“Saya apabila jadi presiden, saya akan bawa internet gratis ke seluruh desa di Indonesia. Jelas itu. Tapi makan gratis untuk anak-anak Indonesia dan ibu hamil itu strategic, itu utama bagi saya,” imbuh Menteri Pertahanan tersebut.

Bak oksigen

Menkominfo melanjutkan saat ini internet sudah jadi kebutuhan hidup buat masyarakat. Ia pun mengungkap tarif internet di Indonesia termasuk salah satu yang termurah di dunia saat ini.

Memang, aku dia, internet gratis bisa dilakukan lewat subsidi pemerintah. Namun para prakteknya hal itu masih perlu perhitungan yang cermat salah satunya agar tidak merugikan perusahaan penyedia internet.

“Seperti subsidi pupuk, dan lain-lain. Soal angka nanti kita hitung,” kata Budi.

Program internet gratis ini, kata dia, juga memerlukan dorongan untuk bisa diterapkan di masyarakat yang tinggal di daerah daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Pasalnya, hingga saat ini pemerataan akses internet masih menjadi isu yang belum beres.

“Dua-duanya penting. Pemerataan iya, afirmatif iya. Ya kita hitung aja yang penting, harus diingat, tekad kita bandwidth untuk rakyat,” cetus dia, yang juga menjabat Ketua Umum kelompok relawan Projo ini.

Selain itu akses internet, ia menyinggung PR besar Indonesia berupa kecepatan jaringan. Salah satu tantangannya ialah negara Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan.

“Kecepatan internet itu juga harus kita speed up. Sekarang rata-rata nasional 25 mbps nasional. Itu harus ditingkatkan. kita akan buat terobosan baru untuk insentif 5G, untuk percepatan-percepatan fixed broadband, internet kabel, segala macem,” ujar Budi.

“Saya ingin buat terobosan-terobosan supaya mendorong rata-rata kecepatan internet Indonesia,” tambahnya.

Sejauh ini, program internet gratis masih terbatas di titik-titik atau segmen tertentu. Misalnya, layanan internet buat kantor-kantor pemerintah di daerah 3T usai peresmian operasional Satelit SATRIA-1 yang juga bisa dinikmati warga sepanjang diberi izin oleh kantor setempat.

Di luar itu, Kemendikbud sempat memberi jatah kuota internet gratis buat siswa hingga guru buat pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Saat itu, siswa mendapat 35 GB per bulan, guru 42 GB per bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB per bulan selama empat bulan pada September hingga Desember 2020.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com