Instagram Ahok Dibanjiri Netizen usai Mundur dari Komut Pertamina

Deret peristiwa dan sosok menjadi viral hingga level nasional di 2022. Simak pilihan redaksi berikut ini, Citayam Fashion Week hingga latto-latto.


Jakarta, CNN Indonesia

Unggahan pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari kursi Komisaris Utama Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) di Instagram dibanjiri silang pendapat netizen.

Ahok menyatakan pengunduran diri dari posisi puncak di jajaran pengawas perusahaan BUMN energi itu lantaran mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang juga didukung partai asal Ahok, PDIP.

“Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya,” ujar mantan Gubernur DKI itu, dalam unggahannya di Instagram basukibtp.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia pun menyertakan foto bukti tanda terima surat pengunduran diri yang diserahkannya hari ini.

“Sekretaris Dewan Komisaris agar Mengirimkan Pengunduran Diri dan Laporan Pertanggungjawaban Sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Kepada Menteri BUMN ditembuskan ke Presiden Republik Indonesia, Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero),” demikian tertulis dalam surat itu.

Per pukul 19.50 WIB, unggahan tersebut menuai kehebohan netizen dengan mendapat lebih dari 98.900 likes dan 10.600 komentar!

Isi kolom komentarnya pun beragam, mulai dari netral, mencibir lantaran berbeda dukungan paslon, hingga iseng.

Misalnya, beberapa netizen menduga pengunduran diri itu didorong oleh “mak banteng” karena Ahok merupakan “petugas partai.”

Pihak lainnya membela dengan menyatakan Basuki punya hak politik sendiri hingga memuji keberaniannya buat mundur dan tak takut kehilangan jabatan.

Panutan Leadership dan panutan negarawan, mau kampanye rela mundur dari Komut Pertamina,” kata akun Instagram belindamuart.

Beberapa lainnya menjadi bingung dengan pilihan Ahok ini.

Saya fans pak ahok dan saya juga fans pak jokowi. Dilema dengan semua ini. Semoga semua berikan jalan yang terbaik siapa pun pilihan kita. Semua nya harus damai,” akun rizaltarigantendang.

Sementara, akun hendrajat.ihsan menyinggung salah satu konsekuensi pilihan Ahok itu, yakni potensial mendukung kompetitornya dulu di Pilkada DKI 2017, Anies Baswedan, yang kini jadi capres nomor urut 1.

Pak kalau 1 dan 3 gabung , apa bapak ikut dukung Annis ?” tanya dia, yang juga banyak diamini netizen lainnya.

Pada sejumlah survei jelang Pilpres 2024 dari lembaga yang diakui KPU, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih memimpin meski belum mayoritas.

Piplres putaran kedua pun potensial terjadi. Jika tersisih di putaran pertama, kubu Ganjar-Mahfud digadang-gadang sebagian pengamat bakal bergabung dengan kubu Anies-Cak Imin demi mencegah paslon 2 menang.

[Gambas:Instagram]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com