Hujan Ringan Hingga Sedang Diprediksi Dominasi Jabodetabek Sepekan

BMKG memprakirakan hujan bakal mengguyur Jabodetabek pekan ini, sejak 20 hingga 26 November 2023. Berikut jadwalnya.
Jakarta, CNN Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG) memprakirakan hujan bakal mendominasi cuaca di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) sepekan ini, sejak 22 hingga 26 November 2023

Sebagian besar wilayah Jakarta memang sudah masuk musim hujan pertengahan November ini, tapi ada wilayah yang kemungkinan baru memasuki musim hujan pada Desember.

“Untuk wilayah DKI Jakarta mulai bagian tengah hingga ke selatan itu di periode pertengahan November itu sudah mulai memasuki awal musim hujan,” kata Miming Saepudin, Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG beberapa waktu lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG, mengungkap awal musim hujan umumnya berkaitan dengan peralihan angin timuran dari arah Australia atau disebut monsoon Australia menjadi angin baratan atau monsoon Asia atau angin yang berasal dari arah benua Asia.

“Jadi akan terjadi pergantian saat ini yang berpengaruh angin dari Australia, gurun Australia, yang saat ini sedang musim dingin dan kering,” kata Dwikorita beberapa waktu lalu.

Khusus di Pulau Jawa, berdasarkan Analisis Iklim BMKG ‘Prakiraan Musim Hujan 2023/2024 di Indonesia’, 117 ZOM mulai dapat hujan di November 2023 dasarian I-III, 54 ZOM di Desember 2023 dasarian I-III, dan dua ZOM di Januari 2024 dasarian I.

BMKG memprediksi puncak musim hujan 2023/2024 di Pulau Jawa terjadi mulai Desember 2023 hingga Februari 2024.

Khusus untuk wilayah Jabodetabek, lembaga ini memperkirakan musim hujan tiba mulai November. Contohnya, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan mulai hujan pada dasarian (10 hari) kedua November.

“Masih belum masuk musim hujan, namun sudah indikasi mengarah akhir Pancaroba,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya kepada CNNIndonesia.com, akhir bulan lalu.

Dalam Prospek Cuaca Seminggu ke depan periode 21-27 November dari BMKG, dilaporkan juga bahwa pada tanggal 21-22 November wilayah DKI Jakarta akan diprediksi dilanda cuaca ekstrem.

Sebagai acuan, berikut kategori curah hujan menurut BMKG:

– Hujan ringan: 0,5-20 mm per hari

– Hujan sedang: 20-50 mm per hari

– Hujan lebat 50-100 mm per hari

– Hujan sangat lebat: 100-150 mm per hari

– Hujan ekstrem: di atas 150 mm per hari




Waspada El Nino di Indonesia (Foto: CNN Indonesia/ Agder Maulana)

Jadwal prakiraan hujan Jabodetabek di halaman berikutnya…




Sumber: www.cnnindonesia.com