Huawei Cloud Beri Layanan Khusus FMC Telkomsel, Cuma Ada di DKI

Huawei Cloud menyediakan layanan khusus buat produk Fixed Mobile Convergence (FMC) Telkomsel yang diklaim bahkan belum ada di China.

Jakarta, CNN Indonesia

Huawei Cloud menyediakan layanan khusus untuk digunakan pada produk Fixed Mobile Convergence (FMC) Telkomsel yang diklaim hanya ada di Jakarta. Layanan ini bahkan belum ada di kampung halaman Huawei di China.

“Proyek Big Data FMC membutuhkan 1 desain Lakehouse khusus. Kami menyebutnya DWS, Data Warehouse Service versi 3.0,” ujar CTO Huawei Cloud APAC Wu Shiwei dalam acara penandatanganan MoU Telkomsel-Huawei Cloud di Jakarta, Rabu (22/11).

“Tapi ini bukan hanya transisi dari 2.0 ke 3.0, ini adalah sebuah rebranding dari versi sebelumnya yang mengadopsi teknologi terbaru. Dan ini adalah produk yang hanya tersedia di wilayah Jakarta, bahkan belum tersedia di China,” lanjutnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Telkomsel menggelar FMC pada Juli 2023. Langkah tersebut membuat Indihome dan Telkomsel yang sebelumnya terpisah berubah menjadi satu entitas.

Perusahaan mengaku bertujuan untuk menyediakan pelayanan komunikasi dan jaringan yang terbaik bagi konsumen Indonesia melalui kehadiran FMC.

Di sisi lain, Huawei Cloud menyediakan teknologi Enterprise Intelligence untuk Telkomsel yang mengedepankan performa tinggi, reliabilitas, dan cost-effective, sehingga dapat mememudahkan implementasi FMC.

Huawei Cloud big data solution dinilai dapat membantu Telkomsel mengembangkan end-to-end data governance dan pengembangan kecerdasan buatan (AI) secara efisien.

Huawei Cloud big data solution sendiri didukung oleh teknologi Lakehouse dan arsitektur ‘storage and compute decoupling’ yang dinilai mampu mengurangi biaya operasional secara signifikan. Namun, pengurangan biaya tersebut tetap didukung oleh performa dan reliabilitas tinggi untuk pengguna.

Kemudian, Huawei Cloud juga disebut membantu Telkomsel mendapatkan wawasan lebih dalam pada permintaan dan ketertarikan pelanggan secara real-time, sehingga dapat membantu tim customer care menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Lebih lanjut, kerja sama Telkomsel dengan Huawei Cloud juga akan membawa teknologi AI terbaru ke Indonesia.

Keduanya akan membawa full-stack, skenario berbasis AI untuk memberikan solusi yang dapat diandalkan, inovatif, dan dapat membantu mengembangkan ekosistem lokal yang memungkinkan warga Indonesia memanfaatkan teknologi AI di manapun.

[Gambas:Video CNN]

(arh/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com