Heboh ‘Alien’ Invasi Mal Miami dan Dikepung Polisi, Apa Faktanya?

Keberadaan alien memang masih tanda tanya. Akan tetapi para ahli sedang mencari cara menjawab andai terjadi kontak dengan mereka.


Jakarta, CNN Indonesia

Video amatir yang konon menampilkan alien menginvasi sebuah mal di Miami, Amerika Serikat viral di media sosial awal tahun 2024. Benarkah alien sudah menginvasi Bumi?

Video viral itu dinarasikan menunjukkan sosok makhluk setinggi 2,4 meter berjalan di luar pusat perbelanjaan Bayside Marketplace. Hal ini memicu klaim di media sosial bahwa alien telah mendarat di bumi.

Namun, Kepolisian Miami membantah hal tersebut. Pada tanggal 5 Januari, mereka merilis sebuah video di Instagram untuk menyanggah rumor tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tidak ada alien, UFO, atau ET. Tidak ada bandara yang ditutup. Tidak ada pemadaman listrik,” kata polisi, mengutip The Strait Times, Senin (8/1).

Video awal yang memicu kontroversi tentang makhluk luar angkasa muncul pada tanggal 1 Januari, menurut beberapa media AS. Beberapa warga menelpon 911 melaporkan mendengar apa yang mereka kira suara tembakan di mal, menurut sebuah laporan di Miami Herald.

Polisi mengatakan ternyata itu adalah sekelompok remaja, sekitar 50 orang, yang menembakkan kembang api ke arah kerumunan dan beberapa penjarahan juga terjadi.

Polisi kemudian mengumumkan keadaan darurat di seluruh kota karena para petugas yang sudah berada di tempat kejadian tidak dapat mengendalikan situasi. Polisi juga menangkap empat remaja dalam peristiwa tersebut.

Namun, tidak ada jawaban langsung tentang apa yang memicu kehadiran polisi dalam jumlah besar.

Informasi semakin simpang siur karena ditambah dengan beredarnya video amatir yang viral di media sosial dengan narasi ada makhluk besar yang terlihat di depan pintu masuk mal.

Menurut laporan Miami Herald, akibat hal tersebut rumor mengenai invasi alien mulai merebak di media sosial. Netizen mengatakan polisi berusaha menangani “alien bayangan” yang tingginya 2,4 meter hingga 3 meter.

Namun sebuah video dengan resolusi lebih baik yang sangat mirip dengan video diduga sosok alien itu tampak menunjukkan dua atau tiga orang berjalan bersama di antara mobil-mobil polisi dan sebuah area di dekat mal.

Rekaman diduga alien itu diedit dengan video orang-orang yang berlari dari daerah itu dalam keadaan panik. Hal ini membuat beberapa pengguna media sosial berpendapat bahwa orang-orang itu melarikan diri dari makhluk tersebut.

Sementara beberapa orang yakin ada invasi alien, yang lainnya menggunakan media sosial untuk memposting meme. Seorang pengguna X mempertanyakan bagaimana orang-orang yang memiliki ponsel pintar tidak berhasil mengambil video close-up dari makhluk tersebut.

Alien dan UFO telah menjadi topik berita utama selama beberapa dekade. Baru-baru ini pada Juli 2023, mantan pejabat intelijen AS David Grusch mengatakan dalam sidang kongres bahwa “makhluk hidup non-manusia” berada di lokasi yang diduga sebagai tempat jatuhnya pesawat, menurut laporan di majalah Forbes.

Dia juga mengklaim bahwa pemerintah AS menjalankan program selama beberapa dekade tentang fenomena udara tak dikenal, istilah baru untuk UFO. Pada sidang yang sama, seorang mantan pilot Angkatan Laut AS dan seorang profesor Harvard membuat klaim serupa.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com