Google Ungkap Orang Indonesia Makin ‘Kepo’ dengan Teknologi

Hasil rekap pencarian di Google dalam setahun ini menunjukkan warga RI makin kepo dengan iptek.


Jakarta, CNN Indonesia

Warga Indonesia terbukti menunjukkan ketertarikan yang makin kuat terhadap bidang teknologi.

Hal itu terungkap dalam hasil pencarian terbanyak setahun ini yang dirangkum dalam Google Year in Search 2023 Indonesia. Kategori pencariannya terbagi delaoan, mulai dari resep masakan hingga Serial TV.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Google mengumumkan Year in Search 2023 dengan cara yang unik, yakni lewat drama musikal. Menurut Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan, format ini dipilih untuk turut menggalakan seni teater Indonesia.

“Kalau kita lihat dari kategori film dan serial tv Indonesia, seni dan budaya Indonesia ini semakin dicari. Terus kita lihat apa sih yang bisa merangkum dengan cara yang fun, fresh, dan bisa relevan kepada masyarakat, tapi yang baru dan unik. Kita lihat teater Indonesia ini semakin harus digalakkan semakin harus diperkenalkan lebih jauh lagi,” katanya dalam acara Year in Search Indonesia 2023 di Teater Wahyu Sihombing, Jakarta, Senin (18/12).

Selain ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap seni budaya, Feliciana juga menyebut ada beberapa hal menarik dalam Year in Search 2023, salah satunya kalimat pencarian yang lebih panjang.

Kemudian, masyarakat Indonesia juga disebut mengalami peningkatan ketertarikan pada topik teknologi. Feliciana menyebut ketertarikan ini bukan hanya di konsep atau permukaan saja, tetapi juga turunannya, seperti “apa itu generatif AI?” atau “apa itu Bard?”

Hal senada terungkap dari kategori ‘Apa’ dan ‘Mengapa’. Berikut rinciannya:

Kategori ‘Mengapa’

+ Mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi
+ Mengapa ada bayangan
+ Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan pendapat
+ Mengapa kaki angsa dilapisi oleh selaput
+ Mengapa teknologi harus digunakan dengan bijaksana

Kategori ‘Apa’

+ Apa arti pick me
+ Apa itu skena
+ Catcalling itu apa
+ Apa itu ai
+ Apa itu cuaks

Gadis Kretek hingga Putri Ariani

Year in Search 2023 sendiri mempunyai total 8 kategori, yakni Apa, Berita, Film/Serial TV, Lirik lagu, Mengapa, Olahraga, Resep, dan Siapa.

Pada 2022, Google memiliki 9 kategori untuk Year in Search dengan tambahan kategori Tren keseluruhan.

Dalam acara ini, Google juga memberikan penghargaan untuk mereka yang mendapat pencarian teratas selama 2023, yakni Willie Salim dan Tessa Mariska untuk kategori Siapa;

Seblak Rafael untuk kategori Resep; lagu Satu-satu dari Idgitaf untuk kategori Lirik lagu; Sewu Dino, Induk Gajah, Gadis Kretek, dan Budi Pekerti untuk kategori Film dan Serial TV.

Ada juga yang mendapatkan penghargaan dalam dua kategori sekaligus, yakni film Petualangan Sherina dan lagu temanya Mengenang Bintang; dan Putri Ariani untuk kategori Siapa bersama lagunya Loneliness.

Daftar lengkap Year in Search 2023 Indonesia bisa diakses di laman Google Trends.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com