Google Doodle Hari Ini Tampilkan Tempe Mendoan

Google Doodle pada hari ini (29/10/2022), menampilkan ilustrasi tempe mendoan karya seniman tanah air, Reza Dwi Setyawan, yang berbasis di Semarang.

Jakarta, CNN Indonesia

Google Doodle menampilkan ilustrasi tempe mendoan karya seniman lokal pada edisi Sabtu (29/10/2022) atau hari ini.

Karya ini bertajuk ‘Merayakan Tempe Mendoan’.

“Doodle hari ini merayakan Tempe dan diilustrasikan oleh artis tamu Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia,” cuit Google Doodle melalui media sosial Twitter.

“Protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi berusia 400 tahun yang berasal dari Indonesia,” sambung cuitan itu.

Doodle itu menampilkan ilustrasi terkait tempe mendoan. Mulai dari proses memotong, menggoreng, hingga disajikan dengan alas daun pisang.

Sebagai informasi, mendoan telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda Indonesia.

Penetapan itu merupakan hasil dari Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta, 26-30 Oktober 2021 lalu.

Latar belakang penetapan itu sebab salah satu jenis olahan tempe ini telah menjadi makanan sehari-hari warga Banyumas. Tak hanya itu, sajian ini juga sudah menjadi identitas masyarakat Banyumas.

Mendoan adalah sajian tempe berbentuk kotak yang diiris tipis yang dibalut dengan tepung encer dengan tambahan irisan daun bawang di dalamnya.

Tempe mendoan diolah dengan cara digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit.

Tetapi yang unik adalah mendoan hanya digoreng sebentar. Sehingga, tekstur mendoan tidak garing dan tepungnya masih basah.

Mendoan kerap dimakan dengan cara dicelup dalam sambal kecap pedas ataupun dimakan dengan gigitan cabe rawit hijau yang pedas.

Sebagai informasi, Google sering menyajikan gimmick pada mesin pencariannya. Salah satunya ialah Google Doodle.

Biasanya, Google Doodle menghiasi halaman utama mesin pencarian Google di hari tertentu dengan tema yang berbeda-beda. Mulai dari sosok terkenal, perayaan hari tertentu, dan lainnya.

(pop/wiw)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com