Google Buat Fitur Pencarian Berbasis Gambar, Tinggal Dilingkari

Indonesia mengalahkan Rusia soal permintaan penghapusan konten kepada Google.


Jakarta, CNN Indonesia

Google meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian informasi berbagi gambar. Pengguna hanya perlu melingkari objek yang ingin dicari, dan ponsel akan mengarahkan ponsel ke mesin pencarian.

Fitur baru yang diberi nama Circle to Search ini disebut sebagai cara baru untuk mencari apa pun di ponsel Android tanpa berpindah aplikasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sekarang, dengan gerakan sederhana, Anda dapat memilih apa yang membuat Anda penasaran dengan cara apa pun yang Anda inginkan – seperti melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk – dan mendapatkan lebih banyak informasi di tempat Anda berada,” tulis Google di blog pada Rabu (17/1).

Sebagai contoh, mungkin Anda memerlukan bantuan untuk mengidentifikasi beberapa item yang dikenakan oleh kreator dalam sebuah video “Outfit of the Day” mereka, tetapi mereka tidak menandai mereknya.

Anda hanya perlu menekan lama tombol beranda atau bilah navigasi pada ponsel Android Anda untuk mengaktifkan Circle to Search.

Kemudian, Anda bisa memilih barang apa pun yang ada di video, dengan gerakan seperti melingkari atau mencoret-coret, untuk dengan cepat menemukan opsi serupa yang bisa dibeli dari penjual di seluruh web.

Anda dapat melakukan pencarian tanpa harus meninggalkan aplikasi video. Setelah selesai, geser laman pencarian dan Anda akan kembali ke tempat semula.

Pada kasus lain, Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan yang lebih kompleks tentang objek yang Anda lihat.

Misalnya, Anda sedang menjelajahi media sosial dan menemukan gambar corn dog yang lezat dengan beberapa topping unik. Anda kemudian ingin tahu lebih banyak tentang makanan ini.

Dengan multisearch, atau kemampuan untuk mencari dengan teks dan gambar pada saat yang sama, dan peningkatan terbaru Google yang didukung AI, pengguna disebut dapat lebih mudah memahami konsep, ide, atau topik dari informasi bermanfaat yang dikumpulkan dari seluruh web.

Pengguna hanya perlu melingkari corn dog dan ajukan pertanyaan, seperti “Mengapa ini sangat populer?” Maka Anda akan segera diberi informasi terkait pertanyaan tersebut.

Circle to Search akan diluncurkan pada 31 Januari pada smartphone Android premium tertentu, seperti Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan seri Samsung Galaxy S24 yang baru.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com