Gibran Terpopuler di Medsos, tapi Banyak Negatifnya

Drone Emprit mengungkap influencer Ganjar Pranowo mendominasi medsos terkait perbincangan soal acara Mata Najwa.


Jakarta, CNN Indonesia

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendapat sentimen paling positif, sementara cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming terpopuler di berbagai platform media sosial selama dan sesudah debat kedua cawapres.

Hal itu terungkap dalam kajian big data oleh lembaga Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) terhadap tiga platform media sosial, yakni Twitter atau X, TikTok, dan komentar di YouTube.

Periode pengumpulan data adalah Minggu (21/1) pukul 19.00 WIB hingga Senin (22/1) pukul 08.00 WIB.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Peneliti Big Data Continuum INDEF Wahyu Tri Utomo mengatakan Cak Imin memang banyak dibicarakan di media sosial dan kebanyakan sentimennya positif.

“Cak Imin dinilai paling positif. Dia dinilai improve, lebih tenang dan lebih menguasai, dia dinilai seperti lebih siap dengan tema debat tadi malam,” kata Wahyu dalam ‘Diskusi Publik, Tanggapan INDEF atas Debat Keempat’, Senin (22/1), secara daring.

Data yang dikumpulkan Continuum INDEF mencakup 108,914 ribu perbincangan yang diunggah oleh 85,988 ribu akun media sosial.

Rinciannya, 16.724 ribu pembahasan oleh 1.090 ribu akun X, 42.439 ribu perbincangan di 33 ribu akun TikTok, dan 49 ribu komentar di YouTube yang disampaikan oleh 37 ribu akun.

Gibran banyak disorot

Meski jadi yang nomor satu dalam hal sentimen positif, Cak Imin terlacak bukan yang paling banyak dibicarakan netizen.

Wahyu menyebut cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming menempati urutan pertama sebagai cawapres yang paling banyak dibahas di media sosial saat dan setelah debat.

Rinciannya, 50,21 persen percakapan tentang Gibran di media sosial, disusul Cak Imin sebanyak 30,29 persen, dan terakhir Mahfud MD sebanyak 19,50 persen.

Memang, pembahasan soal Gibran lebih banyak sentimen negatifnya.

“Bahwa Gibran memang mendominasi, Gibran ini banyak netizen yang bilang performa dia beda dengan yang kemarin (debat perdana cawapres). Dulu banyak yang memuji, tapi di debat tadi malam banyak netizen Gibran terlalu banyak gimmick, tidak fokus dengan materi,” kata dia.

Di sisi lain, penilaian netizen terhadap cawapres nomor urut 3 terbilang positif. Netizen menyebut Mahfud sebagai sosok yang berkelas.

“Mahfud sama seperti sebelumnya, sebagai profesor dan orang yang pernah menjabat di berbagai bidang. Jawaban dia dinilai berkelas,” kata Wahyu.

Analisis Drone Emprit juga menampilkan hasil serupa. Gibran meraih sentimen negatif terbesar dibanding cawapres lain, yakni 60 persen. Sementara, sentimen positifnya 33 persen, dan sentimen netral 7 persen.

Sentimen negatif terbanyak kedua adalah Mahfud dan ketiga Cak Imin.

[Gambas:Video CNN]

(tst/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com