Gerhana Bulan Sebagian Mampir di RI 29 Oktober, Simak Kronologinya

Fenomena Gerhana Bulan Parsial dipastikan bakal bisa dilihat dari wilayah Indonesia akhir Oktober nanti. Cek jadwalnya.

Jakarta, CNN Indonesia

Akhir Oktober, Indonesia bisa menikmati pemandangan Gerhana Bulan Sebagian. Berikut jadwal lengkapnya.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dalam unggahan akun Instagram-nya, mengungkap Gerhana Bulan Sebagian atau Parsial bakal terjadi pada Minggu (29/10) selama 4 jam 25 menit.

Gerhana Bulan Sebagian terjadi ketika Bulan melewati sebagian bayangan Bumi, atau penumbra, dan hanya sebagian saja yang melewati bayangan paling gelap, atau umbra.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama gerhana jenis ini, sebagian Bulan akan menjadi gelap saat bergerak melewati bayangan Bumi. Gerhana ini akan terlihat di seluruh Eropa, Asia, dan Afrika, serta Australia bagian barat.

Saat terjadi gerhana Bulan, kerap Bulan terlihat berwarna gelap, merah, tembaga, jingga, atau coklat. Hal ini terjadi akibat pembelokan sinar Matahari oleh atmosfer Bumi. Warna yang nampak pada Bulan tergantung dari spektrum warna yang dibelokkan tersebut.

Fase gerhana utama ketika Bulan gelap sebagian karena memasuki bayangan umbra Bumi akan berlangsung 1 jam 17 menit di seluruh Indonesia, kecuali lima provinsi di Papua yang tidak mengalami kontak akhir sebagian.

Gerhana dapat diamati dari arah Barat laut hingga Barat untuk zona WIB dan arah Barat untuk zona WITA dan WIT.

Gerhana umbra berakhir jelang terbenamnya Bulan di ufuk Barat. Sementara Bulan benar-benar keluar fase panumbra dan terbebas sepenuhnya dari bayangan Bumi ketika bulan telah tenggelam di ufuk barat sehingga tak bisa diamati secara langsung.

[Gambas:Instagram]

Kronologi Gerhana Bulan sebagian dan wilayah ketampakan di Indonesia 29 Oktober:

1. Awal Penumbra 01.01 WIB, 02.01 WITA, 03.01 WIT (Nampak di seluruh Indonesia)
2. Awal Sebagian 02.35 WIB, 03.35 WITA, 04.35 WIT (Nampak di seluruh Indonesia)
3. Puncak Gerhana 03.14 WIB, 04.14 WITA, 05.14 WIT (Nampak di seluruh Indonesia)
4. Akhir Sebagian 03.52 WIB, 04.52 WITA, 05.52 WIT (Nampak di seluruh Indonesia, kecuali Papua Barat, Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan)
5. Akhir Penumbra 05.25 WIB, 06.25 WITA, 07.25 WIT (Nampak di seluruh Sumatera, Banten, DKI, Jakarta, sebagian Jawa Barat (kecuali Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon, Majalengka, Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Garut, dan Pangandaran), dan sebagian Kalimantan Barat (Sambas, Landak, Singkawang, Bengkayang, Kubu Raya, Mempawah, dan Pontianak).

[Gambas:Video CNN]

(rfi/dmi)




Sumber: www.cnnindonesia.com