Gelombang Dingin di Beijing Pecahkan Rekor, Sedingin Apa?

Beijing mencatat rekor gelombang dingin terlama sejak pencatatan dimulai pada tahun 1951.


Jakarta, CNN Indonesia

China tengah dilanda suhu dingin ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, Ibu Kota China, Beijing mencatat rekor gelombang dingin terlama sejak pencatatan dimulai pada tahun 1951.

Suhu yang tercatat di stasiun cuaca Nanjiao Beijing naik hingga di atas nol derajat Celcius pada Minggu sore (24/12) untuk pertama kalinya dalam beberapa hari, menurut laporan media pemerintah Beijing Daily.

“Sejak suhu pertama kali turun hingga di bawah nol derajat pada tanggal 11 Desember, suhu tetap berada di bawah garis tersebut selama lebih dari 300 jam,” tulis laporan tersebut, mengutip CNN.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Suhu dingin ekstrem yang melanda sebagian besar wilayah China selama beberapa waktu terakhir ini mendorong pemakaian penghangat ruangan di beberapa kota di bagian utara hingga melebihi batasnya.

Provinsi Henan di bagian tengah Cina telah mengalami beberapa kali kegagalan sistem.

Di kota Jiaozuo, penghangat ruangan dihentikan sebagian setelah terjadi disfungsi di pembangkit listrik Wanfang pada hari Jumat. Masalah ini telah diatasi pada hari Sabtu dan penghangat ruangan diharapkan dapat dilanjutkan pada hari Minggu malam, menurut surat kabar resmi kota tersebut, Jiaozuo Daily.

Dua kota lain di provinsi ini, Puyang dan Pingdingshan bahkan telah menghentikan penghangat ruangan di sebagian besar gedung-gedung pemerintah dan perusahaan-perusahaan milik negara sejak hari Jumat untuk “memprioritaskan sumber-sumber penghangat ruangan yang terbatas untuk rumah sakit, sekolah dan gedung-gedung tempat tinggal,” demikian menurut pernyataan pemerintah kedua kota tersebut.

Cuaca dingin di Beijing terjadi sejak beberapa hari lalu dan telah menyebabkan masalah pada sistem transportasi di kota itu. Awal bulan ini, dua kereta bertabrakan jalur yang sibuk saat kondisi bersalju.

Atas kejadian itu, ratusan penumpang dilarikan ke rumah sakit, dan puluhan di antaranya mengalami patah tulang.

Suhu yang sangat dingin juga menghambat upaya penyelamatan setelah gempa bumi yang mematikan bulan ini di provinsi Gansu barat laut.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com