Ganjar-Mahfud & AMIN Kuasai YouTube Jelang Debat Capres

Google dituding meraup untung dari video-video teori konspirasi soal pemanasan global di YouTube yang tak ditakedown meski tak sejalan dengan panduan komunitas.


Jakarta, CNN Indonesia

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bersaing ketat dengan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di media sosial YouTube menjelang debat terakhir Pilpres 2024.

Berdasarkan data lembaga analis media sosial Drone Emprit periode 25 Januari-3 Februari, kedua paslon itu bersaing dalam capaian jumlah video hingga total interaksi di YouTube.

Dalam jumlah video, Ganjar-Mahfud mendapatkan 14.642 video di YouTube, unggul tipis dari Anies Cak-Imin dengan 14.618 video. Persentase jumlah video kedua paslon itu bahkan sama, yakni 36 persen.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi ketiga dengan 11.090 video atau setara dengan 27 persen.

“Dalam periode 25 Jan-3 Feb 2024, jumlah video yang dipost di YouTube terkait Paslon 01 (14,618 video) dan Paslon 03 (14,642 video) memiliki share yang sama (36%), mengalahkan Paslon 02 (11,090 video, 27%),” cuit founder Drone Emprit Ismail Fahmi via X, Minggu (4/2).

Drone Emprit lantas melaporkan tren total interaksi harian dari ketiga paslon di YouTube sempat saling susul. Interaksi yang dimaksud yakni jumlah like, comment, dan view.

Awalnya, Anies-Cak Imin mencetak interaksi paling tinggi sebesar 9,65 juta pada 25 Januari. Namun, Ganjar-Mahfud MD sempat menempati puncak dengan 14,8 juta interaksi pada 31 Januari.

Prabowo-Gibran juga sempat unggul dengan 13,4 juta interaksi pada 2 Februari, tetapi lagi-lagi disusul Ganjar-Mahfud pada 3 Februari dengan 11,5 juta interaksi.

Ketika dihimpun, Anies-Cak Imin menguasai total interaksi yang diperoleh di YouTube. Paslon 1 itu menghasilkan total interaksi hingga 95 juta atau setara dengan 37 persen.

Ganjar-Mahfud MD menempati peringkat kedua dengan 88 juta interaksi atau setara dengan 37 persen. Sementara itu, Prabowo-Gibran mengisi peringkat ketiga dengan 74 juta atau 29 persen.

“Jadi dari total interaksi yang didapat semua video, Paslon 01 yang paling tinggi interaksinya, disusul oleh Paslon 03, dan terakhir Paslon 02,” cuit akun X @ismailfahmi.

KPU menggelar debat terakhir Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, pada Minggu (4/2) malam mulai pukul 19.00 WIB. Debat kelima ini diikut tiga calon preside yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Tema besar dalam debat terakhir yakni kesejahteraan sosial, pembangunan SDM, dan inklusi. Subtemanya meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

KPU mengatakan Prabowo Subianto mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi-misinya pada debat Pilpres terakhir tersebut. Komisioner KPU August Mellaz menyatakan urutan itu ditetapkan dengan sistem bergilir atau rotasi.

(fer/kid)

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com