Fitur-fitur Baru di Android 14: Notifikasi Flash, PIN Diperketat

Android 14 mulai diterapkan secara bertahap ke beberapa ponsel dan gadget lainnya dengan sejumlah fitur baru, termasuk ramah difabel.

Jakarta, CNN Indonesia

Android 14, sistem operasi seluler Google terbaru yang resmi diris pada 4 Oktober, mulai diluncurkan secara bertahap ke beberapa ponsel, tablet, dan perangkat lainnya.

Peningkatan yang dirasakan pengguna pada Android 14 secara umum terdiri dalam empat kategori: aksesibilitas, penyesuaian, privasi, dan keamanan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar semua fitur signifikan pada update Android 14 dan cara mengakses serta mengaktifkannya dikutip dari Endgadget:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aksesibilitas

1. Flash notification

Hal baru di Android 14 adalah flash notification, fitur yang memungkinkan OS memicu cahaya kamera ponsel Anda atau mencerahkan layar saat notifikasi muncul atau alarm berbunyi.

Hal ini sangat berguna bagi orang-orang yang mungkin memiliki gangguan pendengaran. Sebelumnya, dukungan untuk notifikasi cahaya tidak banyak tersedia di Android. Hanya beberapa produsen, termasuk Samsung, yang menyediakannya.

Pengguna dapat mengaktifkan notifikasi ini dari menu Pengaturan perangkat mereka. Geser ke bawah dari atas layar ponsel Anda untuk mengakses Notification Shade, lalu geser ke bawah lagi untuk memperluas Quick Settings.

Ketuk ikon roda gigi di kanan bawah layar untuk mengakses menu Pengaturan utama. Dari sana, ketuk ‘Notifications’ (Pemberitahuan), lalu ‘Flash notifications’.

Dua tombol memungkinkan Anda mengaktifkan flash kamera dan layar secara terpisah satu sama lain, dan, jika Anda mengetuk ‘Screen flash’, Anda juga dapat mengubah warna cahaya, dengan ponsel Pixel menawarkan 12 opsi berbeda.

2. Peningkatan dukungan untuk alat bantu dengar

Flash notifications bukan satu-satunya fitur baru Android 14 bagi mereka yang mungkin mengalami gangguan pendengaran.

Di Android 13 dan sebelumnya, Google mengelompokkan alat bantu dengar dengan perangkat Bluetooth lainnya. Sekarang, fitur ini memiliki halaman khusus dalam pengaturan Android 14.

Untuk mengakses halaman tersebut, buka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan ketuk ‘Accessibility’, lalu gulir ke bawah dan ketuk ‘Hearing devices’ (Alat bantu dengar).

Di sini Anda akan menemukan opsi untuk memasangkan alat bantu dengar baru dengan ponsel Anda, dan tombol yang memungkinkan Anda menambahkan pintasan khusus untuk perangkat tersebut.

3. Font yang lebih besar

Untuk pengguna tunanetra, Google menambahkan dukungan untuk font yang lebih besar dan skala yang lebih cerdas. Pada perangkat Pixel, Android kini dapat memperbesar teks hingga 200 persen, dibandingkan sebelumnya maksimal 130 persen.

Sistem baru ini dibangun berdasarkan penskalaan non-linier, sehingga teks yang sudah besar, seperti judul dan sub-judul, tidak akan bertambah ukurannya sebanyak unsur lain yang sebelumnya lebih kecil.

Untuk memperbesar teks, buka menu Settings (Pengaturan), lalu ketuk ‘Display’ (Tampilan), diikuti dengan ‘Display size and text’ (Ukuran tampilan dan teks).

Selain dua skala geser yang memungkinkan Anda mengubah ukuran font dan semua yang ada di layar, halaman ini memiliki dua tombol yang dapat Anda aktifkan untuk menebalkan semua teks dan mengaktifkan font kontras tinggi.

4. Zoom pakai cubit alias pinch

Android 14 dilengkapi zoom yang didesain ulang sehingga pengguna dapat dengan cepat menyesuaikan seberapa besar bagian layar yang ingin mereka perbesar.

Panel ini menawarkan empat ukuran zoom yang berbeda dan opsi untuk mengaktifkan pengguliran diagonal. Ini juga mencakup skala yang dapat Anda gunakan untuk menambah atau mengurangi tingkat zoom.

Untuk mengaktifkan panel, buka menu Pengaturan, ketuk ‘Accessibility’ diikuti dengan Magnification (Pembeasaran).

Customization

1. Lebih banyak wallpaper dan kustomisasi layar terkunci

Meski secara teknis bukan hal baru di Android 14, kemungkinan besar dua fitur wallpaper yang hadir dalam preview di ajang Google di I/O 2023 akan muncul di sebagian besar ponsel non-Pixel bersama Android 14.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna membuat wallpaper khusus hingga 14 wallpaper emoji favorit mereka atau dengan bantuan AI.

Pengaturan penyesuaian baru dapat diakses langsung dari layar beranda (homescreen). Tekan lama layar beranda dan ketuk opsi teratas, ‘Wallpaper & style’ untuk membuka menu yang relevan.

Dari sana, Anda dapat menemukan opsi wallpaper AI dan emoji baru dengan mengetuk ‘More wallpaper’. Kedua opsi tersebut terletak di bagian atas interface.

2. Preferensi wilayah

Jika Anda sering mengunjungi luar negeri, Android 14 memungkinkan pengguna menyetel pilihan satuan yang lazim di wilayah itu. Misalnya, dalam Celsius atau Fahrenheit atau menjadikan Minggu atau Senin sebagai permulaan pekan.

Setelah Anda menetapkan preferensi tersebut, Android 14 akan memindahkannya di antara backup. Secara terpisah, OS ini menawarkan dukungan yang lebih kuat untuk bahasa yang punya gender seperti Prancis dan Jerman.

Untuk mengatur preferensi regional Anda, buka menu Settings, ketuk ‘System’, lalu ‘Languages’, diikuti dengan ‘Regional preferences’.

Isu privasi dan keamanan di halaman berikutnya…




Sumber: www.cnnindonesia.com