Fitur Baru WhatsApp Bikin Pengamanan Makin Berlapis

WhatsApp sudah bisa kembali digunakan setelah sebelumnya sempat mengalami gangguan.

Jakarta, CNN Indonesia

Aplikasi pesan instan WhatsApp tengah menguji coba fitur keamanan terbaru yang menyarankan pengguna untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah atau two-step verification.

Uji coba fitur terbaru ini dapat ditemui pengguna WhatsApp Beta versi 2.22.23.17.

Dalam fitur keamanan terbarunya, anak perusahaan Meta ini menambahkan bagian ‘secure your account’ yang akan menyarankan pengguna untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah jika pengguna tersebut belum mengaktifkannya.

Verifikasi dua langkah sendiri disebut sebagai fitur yang sangat penting di WhatsApp. Dengannya, pengguna dapat mengonfigurasi PIN sekunder alias cadangan yang akan diminta setelah memasukkan kode 6 digit. Alhasil, pengguna dapat mengaktifkan lapisan keamanan tambahan ke akun WhatsApp Anda.

Dilansir dari WABetainfo, sebuah tangkapan layar menunjukkan bagian ‘secure your account’ yang merekomendasikan pengguna untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah demi meningkatkan keamanan akun.

Meski demikian, pengguna tidak dipaksa untuk mengaktifkannya dan bisa memilih opsi ‘Skip.’

Jika pengguna ingin mengaktifkan verifikasi dua langkah, pengguna dapat memilih opsi ‘Set Up Now’ yang muncul di layar.

Fitur keamanan terbaru dari WhatsApp ini disebut tengah dalam proses pengembangan dan uji coba, sehingga belum ada informasi tentang jadwal ketersediaannya untuk pengguna luas.

Biasanya, fitur baru akan tersedia massal dalam beberapa pekan setelah uji coba. Namun, tetap ada peluang fitur yang dikembangkan batal diluncurkan karena beberapa pertimbangan.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com