Fakta Owa Hamil di Kebun Binatang Jepang, Ternyata Gara-gara Lubang

Momo, owa di Kebun Binatang dan Kebun Raya Kujukushima, Jepang, ditemukan hamil meski di kandang sendirian. Ternyata kehamilan ini gara-gara sebuah lubang.

Jakarta, CNN Indonesia

Momo, owa di Kebun Binatang dan Kebun Raya Kujukushima, Jepang, ditemukan hamil dua tahun lalu meski di kandang sendirian. Ternyata kehamilan kera gibbon ini gara-gara sebuah lubang.

Berdasar tes DNA pada sang bayi, ternyata Momo dihamili oleh Ito, owa berusia 34 tahun yang kandangnya bersebelahan dengan kandang Momo. Kok bisa?

Seperti dilaporkan CNN, pihak kebun binatang menyebut Momo dan Ito berhasil kawin lewat lubang kecil berukuran sekitar 9 mm. Lubang tersebut berada di pelat baja yang terpasang di antara kandang mereka.

“Ini adalah kehidupan berharga yang lahir ke dunia. Kami akan terus merawatnya dengan baik dan berharap di akan berumur panjang dengan sehat,” kata Wakil Direktur Kebun Binatang Hideki Hisano.

Bayi jantan Momo dan Ito lahir dengan berat 2 kg. Pihak kebun binatang menyebut bayi ‘tumbuh sehat’ di bawah asuhan Momo.

Sebelumnya, Februari 2021 petugas kebun binatang di kawasan Nagasaki ini menemukan Momo hamil. Padahal Momo tinggal sendirian di kandang tanpa ada owa lain.

Berita kelahiran bayi owa tentu jadi kabar menggembirakan. Populasi owa saat ini semakin terancam. Aktivitas manusia seperti penggundulan hutan, pertambangan, dan pembangunan jalan mengancam habitat mereka.

Owa pun masuk dalam daftar spesies yang terancam punah di International Union for Conservation of Nature.

(els/dzu)






Sumber: www.cnnindonesia.com