Fakta-fakta Misi Antariksa Psyche yang Meluncur Malam Ini

Langkah awal Psyche menuju asteroid metal sedikit tertunda buntut hambatan cuaca, Kamis (12/10) malam ini.
Jakarta, CNN Indonesia

Misi antariksa menuju asteroid metal, Psyche, rencananya bakal meluncur ke luar angkasa malam ini, Jumat (13/10). Misi ini sedianya meluncur kemarin, namun batal terbang karena masalah cuaca.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX menargetkan misi ini meluncur pada Jumat (13/10) pukul 10:19 EDT atau sekitar pukul 21.19 WIB.

Pesawat antariksa ini bakal diangkut ke luar angkasa dengan menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida, AS. Wahana antariksa ini dijadwalkan bakal menempuh perjalanan sejauh 3,5 miliar km.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelahnya pesawat ruang angkasa tersebut akan tiba di asteroid 16 Psyche, yang terletak di ujung sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter, pada tahun 2029.

Setelah pesawat ruang angkasa berada di tempatnya, para ilmuwan akan mempelajari asteroid logam, yang berbeda dari benda-benda yang didominasi batuan dan es yang dipelajari di masa lalu, untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana planet-planet berbatu di tata surya (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars) terbentuk.

Apa keistimewaan asteroid logam Psyche?

Psyche ditemukan pada tahun 1852. Asteroid penuh logam ini dianggap sebagai salah satu objek paling menarik di sabuk asteroid utama dan para ilmuwan hanya mampu mempelajarinya dari jarak jauh.

Mengutip Space, Para ilmuwan berpendapat bahwa asteroid tersebut terdiri dari inti planetesimal yang terbuka, sebuah benda kecil yang terbentuk selama pembentukan planet ketika gas dan debu di sekitar bintang runtuh dalam bentuk padat.

Sebuah planetesimal pada akhirnya bisa mengumpulkan lebih banyak massa dan kemudian menjadi sebuah planet.

Namun Psyche diperkirakan gagal mencapai status planet karena ia bertabrakan dengan benda lain yang lebih besar saat tata surya terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu, kemungkinan membuat asteroid kaya logam tersebut terkelupas dari cangkang luarnya yang berbatu dan memperlihatkan intinya yang kaya akan besi.

Ini berarti, mempelajari asteroid selebar 279 km ini tidak hanya dapat membantu mengungkap lebih banyak tentang tabrakan yang terjadi di awal tata surya, tetapi juga memberi para ilmuwan petunjuk tentang inti besi yang tidak dapat diakses di tata surya kita.

Psyche tampaknya menyimpang dari planet tata surya yang lahir dari planetesimal.Sedangkan batuan di planet bagian dalam tata surya penuh dengan oksida besi – senyawa kimia dari atom besi dan oksigen – Psyche kekurangan senyawa ini.

Jika Psyche memang terdiri dari materi sisa kelahiran planet berbatu, keberadaannya mungkin menunjukkan jenis formasi planet lain yang menyimpang dari mekanisme yang menciptakan Bumi.

Namun, jika nantinya Psyche ternyata bukan inti planetesimal yang terbuka, asteroid tersebut masih sangat menarik bagi para ilmuwan karena bisa berarti ia termasuk dalam populasi benda purba di tata surya yang belum pernah terlihat sebelumnya.




Baju Astronaut untuk Misi Luar Angkasa (Foto: CNNIndonesia/Basith Subastian)

Keunggulan misi Psyche di halaman selanjutnya…





Sumber: www.cnnindonesia.com