Evolusi Logo Twitter, dari Burung Ikonis Hingga X ala Elon Musk

Platform media sosial yang meluncur sejak 2006 itu tercatat sudah beberapa kali mengubah logonya beberapa kali.

Jakarta, CNN Indonesia

Perubahan logo Twitter yang dilakukan miliarder Elon Musk mengubah bukan pergantian logo dari yang pertama. Simak sejarah lambang medsos itu dari masa ke masa.

Perubahan logo Twitter itu sudah disampaikan Elon pada Minggu (23/7). Dalam sebuah kicauan, ia turut mengunggah gambar ‘X’ yang berkedip-kedip.

Dan segera kami akan mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan, secara bertahap, semua burung,” kata Elon, seperti dikutip dari Reuters beberapa waktu lalu.

Meski tak berkomentar soal perubahan logo itu, Jack Dorsey, mantan CEO Twitter, menyebut logo burung biru dengan emoji kambing (GOAT), yang biasa jadi indikasi sanjungan Greatest All of Time atau terbesar sepanjang masa.

Ini bukan kali pertama Twitter mengubah logonya. Platform media sosial yang meluncur sejak 2006 itu tercatat sudah mengubah logonya beberapa kali.

Berikut sejarah perubahan logo Twitter dari waktu ke waktu.

Logo orisinal Twitter 2005–2006

Logo asli Twitter tidak pernah benar-benar digunakan pada produk yang ditawarkan ke publik. Logo ini cuma digunakan saat program sedang dikembangkan dan dirancang.

Mulanya, logo tersebut menggunakan skema warna hijau gelap dan terang, dengan tetesan embun menutupinya. Logo Twitter asli awalnya dirancang untuk mewakili alam dan kebebasan, sebuah atribut yang akan terus diilustrasikan selama desain ulang logo di masa mendatang.

Ada banyak desain lain dan bahkan nama lain, dengan Twitter mengalahkan alternatif seperti “twitch” dan “smssy“. Dua dari desain runner-up memiliki tagline “an Odeo thing” langsung di bawah namanya, tetapi desain terakhir tidak memiliki hubungan dengan perusahaan induk.

Logo biru Twitter 2006–2007




Logo Twitter ketika pertama kali meluncur ke publik pada 2006. (Photo by Nicholas KAMM / AFP)

Ketika Twitter pertama kali meluncur ke publik pada 2006, logo resminya dirancang oleh Linda Gavind dan hanya dibuat dalam satu hari. Logo tersebut dieja tanpa huruf kapital sama seperti desain sebelumnya, tapi tulisan ‘Twitter’ terlihat lebih jelas.

Evolusi logo Twitter ini menggunakan teks bergelembung yang mirip dengan versi sebelumnya. Logo tersebut juga terlihat lebih sederhana.

Mengutip Logo, Hal itu dimaksudkan untuk mewakili kesederhanaan perusahaan.

Pada logo resmi pertama ini, Twitter benar-benar mengubah palet warna, dari hijau ke biru aquamarine. Warna umum dalam sektor media sosial, biru diasosiasikan dengan kepercayaan, ketenangan, dan integritas.

Kemunculan burung ikonis Twitter 2010–2012




A picture taken on October 23, 2012 shows the screen of a blackberry phone featuring a page with the adress of the micro-blogging site Twitter website.  AFP PHOTO FRED TANNEAU (Photo by FRED TANNEAU / AFP)Burung ikonis Twitter ditambahkan ketika perusahaan mengubah desain logo pada 2010.(Photo by FRED TANNEAU / AFP)

Pengubahan besar berikutnya pada logo Twitter datang dengan penambahan ikon burung yang terkenal bernama Larry. Burung pertama itu dibeli oleh salah satu karyawan seharga US$15 (setara Rp225.252) di sebuah situs saham.

Logo Twitter yang menampilkan burung ikonis itu didesain ulang oleh Simon Oxley. Awalnya, burung tersebut adalah maskot seperti kartun, dengan mata, cakar, dan alis. Namun, gambar siluet segera menggantikannya, dengan kaki dilepas untuk gaya yang lebih minimalis.

Dinamakan Larry setelah pemain NBA Larry Bird, maskot sejak itu menjadi fitur pengenal utama merek tersebut. Burung adalah pilihan yang jelas berkat asosiasi merek dengannya melalui nama dan postingan yang disebut ‘tweet‘.

Burung biru ‘bulat’ hingga X di halaman berikutnya…


‘Kesempurnaan’ Logo Burung Hingga X

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com