Drone Emprit Bongkar Trending Topic Terkait Prabowo Bot atau Bukan

Deret peristiwa dan sosok menjadi viral hingga level nasional di 2022. Simak pilihan redaksi berikut ini, Citayam Fashion Week hingga latto-latto.


Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga analis media sosial Drone Emprit membongkar siapa di balik deretan trending topic terkait calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di platform media sosial X (sebelumnya Twitter). Simak analisisnya.

Ismail Fahmi, founder Drone Emprit, mengatakan analisis ini berangkat dari banyak pertanyaan dari netizen, apakah topik yang setiap hari trending dan ramai di Twitter Indonesia berasal dari robot atau organik.

Berdasarkan itu, Drone Emprit menganalisa dua topik yang pernah trending, dan perbandingannya dengan percakapan terkait capres nomor urut 2 yang didukung topik tersebut. Analisa dilakukan di Twitter pada periode 24-31 Januari 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada tanggal 30 Januari 2024, topik “MuliakanIBU SehatkanANAK” sempat bertengger di TT Indonesia cukup lama. Sedangkan pada tanggal 31 Januari 2024, topik “MilihPakBOWO MilihMENANG” juga pada posisi top trending topic Indonesia,” kata Ismail dalam cuitannya di X, Kamis (1/2).

Dua topik ini akan kita analisis, bagaimana pola percakapan pendukungnya,” lanjut dia.

Drone Emprit kemudian menggambarkan kedua topik ini dalam satu peta Social Network Analysis (SNA), untuk mengetahui posisi relatif pendukung kedua tagar trending topic terhadap percakapan umum tentang Prabowo.

Hasilnya, dari peta SNA terlihat setidaknya ada 12 klaster terkait trending topic ini. Dari jumlah tersebut, beberapa klaster besar berada di nomor 1 sampai dengan 3, sementara yang paling banyak adalah klaster kecil nomor 4 sampai 12.

Ismail mengatakan kedua topik yang menjadi trending topic, hampir semua berada dalam klaster 1. Menurut dia “kecil sekali irisan dengan mereka yang bercakap tentang capres 02”.

Dia menjelaskan klaster 1 merupakan pembuat trending topic harian.

Dari peta SNA, terlihat hanya ada beberapa akun dalam klaster 1 yang mendapat retweet tinggi. Menurut Ismail yang paling banyak adalah akun yang bertugas meretweet.

Dan akun-akun ini tak ada interaksi dengan akun-akun natural dalam klaster 2,” ujar Ismail.

Sementara, di klaster 2 berisi para influencer media sosial dan bersifat natural. Kelompok pengguna Twitter yang natural dan riil banyak ditemukan di klaster ini.

Klaster 2 ini adalah pendukung capres 02. Ada akun Kemhan_RI, partai PDemokrat dan Gerindra, serta top influencer seperti Budimandjatmiko, Heraloebss, bengkeldodo, dll,” jelas Ismail.

Sementara, klaster 3 dan 4 adalah pendukung Anies, tampak ada akun pendukung paslon nomor 2 seperti OposisiCerdas, Catatan_4li, dan lain-lain. Sedangkan klaster 4 adalah pendukung Ganjar, seperti Ganjar_Mahfud03, ch_chotimah2.

Kemudian, klaster 5 #MENATAMASADEPAN. Menurut Ismail dilihat dari polanya, kemungkinan besar ini adalah jejaring sebuah bot.

Pasalnya, ada satu akun sentral yang di-retweet banyak oleh beberapa akun di pinggirnya. Selain itu, klaster ini juga tidak memiliki interaksi dengan akun netral dari klaster 2.

Selanjutnya klaster 6 sampai dengan 10. Dilihat dari polanya, klaster-klaster ini bersifat menyendiri, membentuk interaksi tertutup dengan akun-akun pendukungnya.

Dan setiap klaster mengangkat tagar untuk mendukung capres 02,” tulis Ismail.

Demikian juga dengan kedua klaster ini (klaster 11 dan 12), menyendiri, tidak berinteraksi dengan akun-akun natural,” lanjut dia.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com