Deret Wilayah RI Paling Peduli Soal Konflik Israel-Palestina dan Hamas

Pencarian mengenai


Jakarta, CNN Indonesia

Topik mengenai konflik Israel-Palestina dan Hamas menyita perhatian seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini terbukti lewat pencarian terbanyak di Google sepanjang tahun 2023.

Lewat hasil pencarian terbanyak yang terangkum dalam Google Year in Search 2023 Indonesia. Setidaknya, ada dua kata kunci mengenai konflik Israel-Palestina dan Hamas yang masuk 10 besar tiap-tiap kategori pencarian.

Pada daftar 10 besar tren kategori “Apa” di Indonesia, pencarian “Apa itu hamas?” menduduki peringkat ke-9. Sementara, pada tren kategori “Mengapa”, pencarian “Mengapa Palestina dan Israel berperang?” menduduki peringkat ke-6.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pencarian mengenai “Apa itu hamas?” di Indonesia mulai menanjak ketika Hamas melancarkan operasi Badai Al Aqsa yang mengejutkan Israel pada 7 Oktober 2023. Pencarian kata kunci tersebut kemudian memuncak mulai 8 hingga 14 Oktober 2023.

Berikut daftar wilayah yang paling sering mencari “Apa itu hamas?” di Google:

1. Maluku Utara 100 poin
2. Papua Barat 73 poin
3. Aceh 72 poin
4. Sulawesi Tenggara 69 poin
5. Bengkulu 62 poin
6. Nusa Tenggara Timur 55 poin
7. Sumatera Barat 52 poin

Sementara itu, pencarian kata kunci “Mengapa Palestina dan Israel berperang” cukup dinamis sepanjang tahun. Misalnya, rentang periode Februari-Maret 2023 sudah cukup banyak yang mencari kata kunci tersebut.

Namun, pencarian itu kembali menurun sampai akhirnya kembali menanjak usai serangan serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober. Setelah agresi Israel untuk membalas serangan tersebut, pencarian kata kunci tersebut meningkat dan mencapai puncaknya pada 22-28 Oktober.

Berikut daftar wilayah yang paling sering mencari “Mengapa Palestina dan Israel berperang?”

1. Sulawesi Selatan 100 poin
2. Sumatera Utara 39 poin
3. Banten 33 poin
4. Jawa Barat 32 poin
5. DKI Jakarta 28 poin
6. Jawa Tengah 27 poin
7. Jawa Timur 27 poin

Angka-angka tersebut mewakili penelusuran berdasarkan poin tertinggi pada diagram untuk wilayah dan waktu tertentu. Nilai 100 menunjukkan istilah berada di puncak popularitas. Nilai 50 menunjukkan istilah dengan popularitas separuhnya.

Google sebelumnya merilis hasil pencarian terbanyak setahun ini yang dirangkum dalam Google Year in Search 2023 Indonesia. Pencariannya terbagi delapan kategori, yakni Apa, Berita, Film/Serial TV, Lirik lagu, Mengapa, Olahraga, Resep, dan Siapa.

Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan ada beberapa hal menarik dalam Year in Search 2023, salah satunya kalimat pencarian yang lebih panjang.

Kemudian, masyarakat Indonesia juga disebut mengalami peningkatan ketertarikan pada topik teknologi. Feliciana menyebut ketertarikan ini bukan hanya di konsep atau permukaan saja, tetapi juga turunannya, seperti “apa itu generatif AI?” atau “apa itu Bard?”

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com