Deret Gadget Terkini di CES 2024, ChatGPT di Mobil Hingga Robot ‘ART’

CES 2024 digelar di Las Vegas, AS, menampilkan beragam produk teknologi dari berbagai perusahaan ternama.


Jakarta, CNN Indonesia

Pameran teknologi Consumer Electronic Show (CES) 2024 digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), menampilkan beragam produk teknologi dari berbagai perusahaan ternama, mulai dari ChatGPT di dalam mobil Volkswagen hingga teknologi layar lipat baru dari Samsung.

CES merupakan salah satu gelaran akbar untuk dunia teknologi yang diselenggarakan setiap tahun. CES digelar mulai tanggal 9 sampai 12 Januari dengan menampilkan produsen, pengembang, hingga penyuplai di dunia teknologi.

Melansir TechCrunch, salah satu teknologi yang dipamerkan di acara tersebut adalah mobil dari pabrikan asal Jerman, Volkswagen, yang dilengkapi dengan teknologi ChatGPT. Produsen mobil Jerman ini berencana untuk menambahkan chatbot bertenaga AI ke dalam semua model Volkswagen yang dilengkapi dengan asisten suara IDA.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, ada juga Pivotal, yang didukung oleh mantan CEO Google Larry Page, yang memulai penjualan pesawat Helix elektrik ringannya di AS. Pesawat mini ini tidak memerlukan lisensi pilot untuk dapat terbang.

Namun, bukan berarti pengguna bisa terbang tanpa pelatihan wajib. Sejumlah peraturan dan regulasi masih berlaku.

Masih dari lini teknologi transportasi, Kia memperkenalkan pembaruan modular untuk mobil van listriknya. Selain menggunakan powertrain modular, kendaraan ini juga akan memiliki bagian atas modular yang memungkinkan banyak pilihan kabin yang berbeda.

Namun, mereka masih merahasiakan harga, spesifikasi, dan tanggal peluncuran yang untuk armada baru EV komersial ini.

Beralih ke perangkat rumah, Samsung memperkenalkan Ballie, sebuah robot rumah yang berukuran sekitar sebesar bola bowling dengan baterai yang dirancang untuk bertahan selama dua hingga tiga jam.

Ballie memiliki sensor lidar spasial untuk membantunya menavigasi ruangan dan rintangan, serta proyektor 1080p dengan dua lensa yang memungkinkan robot memproyeksikan film dan panggilan video, bahkan berfungsi sebagai monitor PC kedua.

Samsung juga memperkenalkan produk teknologi layar lipat yang dapat dilipat ke dua arah, yakni ke dalam dan ke belakang.

“In&Out Flip merupakan teknologi yang dapat memberikan alternatif baru bagi konsumen yang lebih menyukai smartphone berbentuk bar karena ketebalan produk yang dapat dilipat,” kata perusahaan tersebut dalam sebuah keterangan, mengutip Tech Crunch.

“Ketika dilipat ke arah luar, bagian depan dan belakang produk dapat digunakan sebagai layar, sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang baru,” tambahnya.

Teknologi layar tak hanya dipamerkan Samsung, tetapi juga LG yang meluncurkan TV OLED transparan nirkabel pertama di dunia. LG Signature OLED T menggabungkan layar OLED 4K transparan dengan teknologi transmisi video dan audio nirkabel LG.

Di meja kerja, Timekettle mengumumkan X1 Interpreter Hub, perangkat penerjemah yang dirancang untuk rapat. Timekettle menyebutnya sebagai “sistem penjurubahasaan simultan multi-bahasa pertama di dunia.”

Sistem ini bekerja tanpa harus mengunduh aplikasi terpisah. Untuk pertemuan tatap muka, dua perangkat disentuhkan bersama untuk memulai penerjemahan percakapan.

Perangkat genggam ini memiliki earbud, mirip dengan produk Timekettle sebelumnya. Secara keseluruhan, X1 mampu mendukung hingga 20 orang sekaligus dalam lima bahasa yang berbeda

Tak hanya menyajikan teknologi untuk mengakomodir kebutuhan di jalanan dan meja kerja, CES juga menyajikan teknologi untuk membantu aktivitas pengguna di dapur.

CES menampilkan sejumlah teknologi smart cooking mulai dari pemanggang hingga microwave pintar.

Lebih lanjut, CES juga menampilkan teknologi terkini untuk dunia komputasi gaming, salah satunya dari Nvidia yang mulai merambah dunia kecerdasan buatan secara besar-besaran dengan meluncurkan GeForce RTX, termasuk seri kartu grafis desktop GeForce RTX 40 Super.

Sebagian besar dari kartu grafis ini ditujukan untuk bermain game, dan Nvidia mengatakan 14 judul game akan mendapatkan perlakuan upgrade RTX, termasuk Horizon Forbidden West, Pax Dei, dan Diablo IV.

[Gambas:Video CNN]

(lom/dmi)



Sumber: www.cnnindonesia.com