Deret Daerah Potensial Hujan Lebat saat Natal Hingga Tahun Baru

BMKG memperkirakan wilayah Sumatera, Jawa, hingga Nusa Tenggara Timur akan mengalami hujan lebat selama periode libur Natal dan Tahun Baru.


Jakarta, CNN Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sumatra, Jawa, hingga Nusa Tenggara Timur akan mengalami hujan lebat selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Prakiraan cuaca dan iklim saat Nataru, kami melakukan prospek cuaca. Kalau kita lihat saat 19 sampai 24 Desember, ini potensi hujan lebat masih terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Bangka Belitung, kemudian Papua,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam Konferensi Pers Prediksi Cuaca dan Antisipasi Bencana Jelang Nataru secara daring, Jumat (22/12).

“Kita melihat juga tanggal 25 sampai 1 Januari 2024. Kita lihat di sini hujan lebat terjadi di Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan seterusnya,” imbuhnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut daftar lengkap wilayah yang diperkirakan mengalami hujan lebat selama periode Nataru:

– 19-24 Desember: Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua.

– 25 Desember-1 Januari: Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur.

– 2-6 Januari: Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Jawa Tengah.

Guswanto menjelaskan saat ini 42 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan.

Wilayah yang sudah memasuki musim hujan tersebut adalah Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, sebagian Jambi, Bengkulu, sebagian Sumatra Selatan, Lampung bagian barat, sebagian Banten, sebagian besar Jawa Barat.

Kemudian, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, sebagian besar Kalimantan, sebagian Sulawesi Utara, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Maluku Utara, Papua Barat dan sebagian Papua.

Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi Januari dan Februari 2024 mendatang dengan 55 persen wilayah Indonesia atau tepatnya 385 wilayah zona musim (ZOM) memasuki musim hujan.

Lebih lanjut, meski banyak wilayah sudah memasuki musim hujan, Guswanto menyebut ada beberapa wilayah yang mengalami hari tanpa hujan (HTH) yang cukup panjang.

Bali dan Nusa Tenggara Barat menjadi wilayah yang masuk dalam kategori hari tanpa hujan ekstrem, yakni lebih dari 60 hari.

Dalam data yang dimutakhirkan pada 10 Desember tersebut, wilayah Sape, Nusa Tenggara Barat menjadi wilayah dengan hari tanpa hujan terpanjang, yaitu 117 hari.

(lom/dmi)



Sumber: www.cnnindonesia.com