Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024, Pembelajaran Politik bagi Rakyat

Kegiatan debat capres dan cawapres yang diadakan sebelum 14 Februari 2024 bertujuan memberi pemahaman dan pengetahuan pada rakyat terkait calon pemimpin bangsa.


Jakarta, CNN Indonesia

Kegiatan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang digelar sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bertujuan memberi pendidikan politik kepada masyarakat.

Komisi Pemilihan Umum menyatakan, debat capres dan cawapres dapat memberi pemahaman dan pengetahuan secara langsung terhadap rakyat, terkait kepada siapa masa depan bangsa akan dipimpin.

“Rakyat akan melihat secara langsung calon pemimpin bangsanya. Pemimpin yang mampu mengemban amanat yang telah diberikan oleh rakyatnya. Siapapun yang diberikan amanat nanti agar tidak disia-siakan,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam debat kelima di Jakarta, Minggu (4/2).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Debat tersebut menjadi yang terakhir dari rangkaian debat pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Debat pertama telah diadakan pada 12 Desember 2023, mengangkat tema hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pada debat kedua pada 22 Desember 2023, diusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.
Pada debat ketiga yang diselenggarakan pada 7 Januari 2024, masing-masing pasangan calon (paslon) mengungkap visi tentang ekonomi yakni kerakyatan dan digital, kesejahteraan social, investasi, perdagangan, pangan, pajak digital, keuangan, serta pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan infrastruktur.

Pada debat keempat yang digelar 21 Januari 2024, temanya adalah seputar energi, Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), pajak karbon, lingkungan hidup, agraria dan masyarakat adat.

Hasyim mengungkapkan, rangkaian debat itu bertujuan antara lain sebagai proses pendidikan politik agar mengetahui kemampuan intelektual masing0masing calon. Dari debat tersebut, rakyat dapat melihat secara langsung ilmu, intelektualitas, kecerdasan emosional, hingga strategi kepemimpinan setiap paslon.

Adapun adu visi dan misi paslon mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu. Format debat disusun sebanyak lima kali, yang tiga kali diikuti capres dan dua kali oleh cawapres.

“Tinggal sepuluh hari lagi kita menuju hari pemungutan suara, yaitu Rabu (14/2), dan tinggal tujuh hari lagi para peserta pemilu melaksanakan kampanye untuk meyakinkan para pemilih. Jadi sebelum kita (capres dan cawapres) memimpin negeri ini harus diawali dengan istigfar, mohon ampun kepada Allah SWT, supaya dalam memimpin dimulai dengan hati yang bersih, niat yang ikhlas dan tulus,” ujar Hasyim.

Jaga Situasi Nyaman dan Damai Jelang Pemilu 2024

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komaruddin meminta agar semua pihak dapat menjaga situasi aman, nyaman dan damai jelang Pemilu 2024 yang tinggal hitungan hari.

Hal tersebut disampaikan Ujang merespons kemunculan seruan moral dari berbagai pihak, antara lain para akademisi.

“Kami harapkan siapapun boleh keluarkan petisi, tapi tetap menjaga situasi kondusif, ketertiban, dan keamanan, sehingga pemilu berjalan aman, damai, dan tertib,” kata Ujang.

Ujang menilai, petisi masyarakat itu merupakan gerakan positif, di mana pemerintah diingatkan untuk menjalankan demokrasi yang sesuai jalur, yakni tidak menyimpang, tidak melewati aturan, serta tidak menyalahgunakan kekuasaan.

Dengan status Indonesia sebagai negara demokrasi, setiap pihak sah untuk berpendapat dan mengkritik. Terlebih, jika kritikan itu bertujuan menjaga moral bangsa, serta menjaga demokrasi agar tetap dalam koridor.

Ujang meyakini, dengan keterlibatan seluruh pihak dalam menjaga keadilan, kesejahteraan, persatuan, di mana kompetisi dijalankan dengan cara sehat, maka pemilu dapat terselenggara dengan jujur, adil, dan rahasia.

Di sisi lain, Ujang juga mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap gerakan kritis yang memiliki tendensi kepentingan politik praktis, serta keberpihakan pada pasangan calon (paslon) tertentu.

“Ya, rawan penyusup untuk kepentingan dukung mendukung, sehingga kita semua berharap untuk tetap menjaga situasi kondusif,” katanya.

Pada Pemilu 2024, KPU menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yaitu pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Adapun masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, diikuti ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024, sebelum dilanjutkan pemungutan suara secara serentak pada 14 Februari 2024. #PEMILUDAMAI2024

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com