Daftar Topik Paling Dicari di Google Selama 2023, Apa yang Teratas?


Jakarta, CNN Indonesia

Google mengungkap sejumlah topik yang paling dicari orang sedunia sepanjang tahun ini. Apa saja yang paling banyak dicari orang-orang di mesin pencarian paling populer ini sepanjang tahun 2023?

Google merilis 2023 Year in Search pada Senin (11/12), dan data menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia banyak mencari informasi seputar serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober serta gerakan militer Israel di Gaza.

“Perang di Israel dan Gaza” menduduki peringkat teratas dalam daftar tren berita tahun ini di AS dan secara global, sementara “apa itu Hamas”, “apa yang terjadi di Israel”, dan “mengapa Hamas menyerang” termasuk di antara kueri penelusuran teratas di AS yang diawali dengan kata “apa” atau “mengapa”.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain perang Israel dan Gaza, Kapal selam Titan yang meledak dalam pelayaran untuk melihat reruntuhan kapal Titanic dan mendorong pencarian besar-besaran secara internasional menjadi tren berita global teratas berikutnya, diikuti oleh gempa bumi dahsyat di Turki-Suriah pada Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Berikut daftar lengkap 10 kueri teratas untuk kategori berita secara global menurut Year in Search Google 2023:

1. Perang di Israel dan Gaza
2. Kapal selam Titanic
3. Gempa bumi Turki
4. Badai Hilary
5. Badai Idalia
6. Badai Lee
7. Penembakan di Maine
8. Penembakan Nashville
9. Chandrayaan-3
10. Perang di Sudan

Dikutip dari CNN, rangkuman tahunan Year in Search merupakan gambaran tentang orang-orang dan fenomena yang menarik keingintahuan masyarakat dan memikat perhatian mereka. Daftar tersebut mengidentifikasi penelusuran yang mengalami lonjakan trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain peristiwa berita besar seperti perang, peristiwa serangan jantung Damar Hamlin selama pertandingan NFL, kematian bintang “Friends” Matthew Perry dan “Barbenheimer” adalah beberapa cerita lain yang jadi pembicaraan orang-orang pada 2023, menurut data tersebut.

Hamlin, pemain safety Buffalo Bills yang mengalami cedera parah pada Januari lalu memicu kembali perdebatan tentang keselamatan di NFL, menduduki posisi puncak dalam daftar orang dan atlet yang sedang tren di Google.

Nama-nama lain yang mendominasi tren penelusuran tahun ini antara lain aktor Jeremy Renner, yang mengalami kecelakaan nyaris fatal di awal tahun; influencer misoginis Andrew Tate; pemain sepak bola Prancis Kylian Mbappé; dan bintang Kansas City Chiefs, Travis Kelce, yang secara konsisten menjadi berita utama sejak hubungan asmaranya dengan Taylor Swift terungkap ke publik.

Dari segmen film, “Barbie” dan “Oppenheimer” menjadi film yang paling banyak dibicarakan tahun ini, diikuti oleh film laris Bollywood “Jawan”, film thriller kriminal “Sound of Freedom”, dan “John Wick: Chapter 4”.

Drama pasca-apokaliptik HBO “The Last of Us”, serta “Wednesday” dan “Ginny and Georgia” dari Netflix juga menduduki posisi teratas dalam daftar acara TV yang sedang tren.

Pada topik musik, lagu duo Jepang Yoasobi “Idol (アイドル)” dan “Try That in a Small Town” yang kontroversial dari Jason Aldean memimpin tangga pencarian lagu di Google.

(lom/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com