Daftar Politikus Kehilangan Centang Biru Twitter, Ganjar Hingga SBY

Beberapa pejabat daerah kehilangan centang biru di akun Twitter mereka usai kebijakan penghapusan verifikasi versi lawas.

Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah pejabat pemerintah daerah kehilangan tanda centang biru di akun Twitter mereka imbas kebijakan terbaru yang ditetapkan miliarder Elon Musk.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Sabtu (22/4), beberapa pejabat yang kehilangan centang birunya adalah Gubernur Jawa Tengah sekaligus calon presiden (capres) dari PDIP Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bahkan mengeluh karena tak lagi memiliki centang biru tersebut di media sosialnya.

“Centang biru saya ilang bang,” cuit Gibran pada Jumat (21/4).

Para pejabat yang kehilangan centang biru ini padahal dikenal cukup aktif di Twitter. Ganjar misalnya, melalui akun @ganjarpranowo kerap kali membagikan kegiatan hingga kebijakan yang dilaksanakan di Jawa Tengah.

Begitu juga dengan akun @ridwankamil terlihat sudah tak bercentang biru lagi. Tak ketinggalan, Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus capres pilihan Partai NasDem, kehilangan centang birunya.

Sama dengan pejabat lainnya, Anies juga rajin membagikan kegiatan di akun @aniesbaswedan. Baru-baru ini, ia mengunggah bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam rangka buka puasa bersama.

Klan Cikeas juga bernasib sama. Akun Twitter Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono @SBYudhoyono dan akun putra bungsunya Edhie Baskoro Yudhoyono @Edhie_Baskoro terpantau tak lagi memiliki centang biru.

Kemudian ada juga, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon @fadlizon dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli @RamliRizal yang turut kehilangan centang birunya. Padahal, keduanya sangat aktif di twitter memberikan kritik terhadap kebijakan pemerintah.

Centang abu-abu

Di pihak lain, akun-akun Twitter pejabat pemerintah pusat berubah dari yang tadinya centang biru ke centang abu-abu.

Contohnya, akun milik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Kooordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam keterangan di profilnya, centang abu-abu berarti “Akun ini terverifikasi karena merupakan akun pemerintah atau organisasi multilateral.”

Saat ini, Twitter menghapus centang biru gratis versi rezim lama pra-Elon Musk menjadi akun centang biru berbayar bagi siapa pun yang ingin memilikinya.

Biaya untuk berlangganan tanda verifikasi pada Twitter sendiri berkisar dari US$8 (Rp119 ribuan) per bulan untuk pengguna perorangan.

Sementara, harga verifikasi organisasi atau centang abu dipatok US$1.000 (Rp14,9 jutaan) per bulan ditambah US$50 (Rp747 ribuan) per bulan untuk setiap akun afiliasi atau karyawan.

(ldy/arh)





Sumber: www.cnnindonesia.com