Daftar Pesawat Antariksa Berjarak Miliaran KM dari Bumi, Apa Saja?

NASA sukses mendapatkan kontak Voyager 2, pesawat antariksa yang terkatung-katung di angkasa, secara tak sengaja. Simak apa misi ini.

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tak sengaja terkoneksi dengan wahana antariksa Voyager 2 yang saat ini berada pada jadak 19,9 miliar kilometer (KM) dari Bumi. Voyager 2 merupakan wahana dengan misi menuju planet-planet di luar Tata Surya.

Sejak berdiri, NASA memang kerap mengirim wahana antariksa ke ruang angkasa untuk mengamati planet-planet yang berada di dalam maupun di luar di Tata Surya.

Mengutip laman resmi NASA, ada sejumlah wahana yang juga memiliki jarak cukup jauh dari Bumi, seperti Voyager 2.

Lantas, apa saja pesawat antariksa yang berjarak ratusan juta hingga miliaran KM dari Bumi? Berikut daftarnya.

Voyager 1

Tidak ada pesawat antariksa yang terbang lebih jauh dari Voyager 1 milik NASA. Pesawat antariksa ini pertama kali diluncurkan pada 1977 untuk terbang melewati Jupiter dan Saturnus, dan pada 2012 Voyager 1 menyeberang ke ruang antarbintang untuk terus mengumpulkan data.

Dalam eksplorasinya, Voyager 1 berhasil menemukan satelit Jupiter bernama Io dan menangkap gambar yang menunjukkan delapan gunung berapi aktif memuntahkan material ke luar angkasa. Wahana ini juga berhasil menemukan dua bulan di Jupiter, yakni Thebe dan Metis

Selama penerbangannya, wahana ruang angkasa ini juga memotret bulan-bulan milik Planet Saturnus, yakni Titan, Mimas, Enceladus, Thetys, Dione, dan Rhea. Berdasarkan data yang masuk, semua bulan itu kelihatannya sebagian besar terdiri dari air es.

Mengutip Skylive, saat ini jarak Voyager dengan Bumi adalah 160,18 Astronomical Unit (AU) atau setara 23,96 miliar KM. Ini menjadikannya wahana ruang angkasa terjauh dari Bumi.

Voyager 2

Wahana Voyager 2 merupakan ‘adik’ dari Voyager 1 dan peluncurannya hanya berjarak 16 hari satu sama lain. Kedua wahana ini terbang melintasi planet-planet di luar Tata Surya sebelum akhirnya melewati batas terjauh heliosfer, yaitu lapisan terluar atmosfer matahari yang memisahkan tata surya dari ruang antarbintang.

Merujuk NASA, kedua Voyager memiliki daya listrik dan bahan bakar yang cukup untuk melanjutkan operasi mereka saat ini hingga setidaknya tahun 2025. Namun, jika kedua wahana ini harus berhenti berkomunikasi dengan Bumi selamanya, misi mereka ke bintang-bintang masih akan terus berlanjut.

Voyager 2 pada dasarnya terombang-ambing dan sendirian dalam kegelapan ruang angkasa, setelah meninggalkan tepi luar tata surya kita pada bulan November 2018. Voyager 2 dengan Bumi saat ini berjarak 19,9 miliar KM dari Bumi.

Pesawat luar angkasa NASA ini menjadi wahana pertama yang mengamati planet Neptunus. Melewati sekitar 4.950 kilometer di atas kutub utara Neptunus, Voyager 2 melakukan pendekatan ke Planet neptunus 12 tahun setelah meninggalkan Bumi pada tahun 1977.

Pioneer 10

Meluncur pada 2 Maret 1972, Pioneer 10 adalah misi pertama NASA ke planet luar. Misi tersebut sukses dan pesawat ruang angkasa tersebut mencatat serangkaian rekor yang tak tertandingi oleh pesawat ruang angkasa robot lainnya hingga saat ini.

Pioneer 10 tercatat sebagai pesawat luar angkasa pertama yang terbang melampaui Mars, asteroid, Jupiter, dan yang pertama menggunakan tenaga listrik yang seluruhnya berasal dari energi nuklir.

Wahana ini awalnya dirancang untuk misi 21 bulan untuk terbang melewati Jupiter, tapi ternyata Pioneer 10 bertahan lebih dari 30 tahun. Pioneer 10 mengirimkan sinyal terakhirnya ke Bumi pada Januari 2003 dari jarak 12,23 miliar kilometer.

Pesawat luar angkasa ini juga melintasi orbit Saturnus pada Februari 1976, mencatat data yang menunjukkan ekor magnetik Jupiter sepanjang 800 juta kilometer.

[Gambas:Video CNN]


Pioneer 11 Hingga Galileo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com