Daftar Makhluk Kanibal, Yang Ganas Hingga Yang Tampak Imut

Kanibalisme tercatat pernah terjadi dilakukan sejumlah hewan dengan beragam alasan. Simak deret satwa yang pernah mengalaminya.
Jakarta, CNN Indonesia

Kanibalisme atau tindakan memakan jenis sendiri telah ada selama jutaan tahun di dunia satwa. Kasus tertua yang pernah tercatat adalah yang terjadi pada trilobit (artropoda laut yang sudah punah) setengah miliar tahun lalu.

Pada dasarnya banyak makhluk yang melakukan kanibalisme. Namun, hewan berstatus kanibal tak berarti secara terus menerus memakan sebangsanya sendiri.

Terkadang, ada alasan di balik keputusannya memakan jenis mereka sendiri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari LiveScience, berikut 11 hewan yang memakan jenis mereka sendiri, mulai dari monyet yang memakan bayinya sendiri hingga laba-laba yang rela berkorban:

Monyet




Induk monyet tercatat pernah memangsa anaknya yang meninggal. (Dok. commons.wikimedia.org/Albert A)

Kanibalisme pada monyet biasanya dikaitkan dengan pembunuhan bayi. Kasus pada 2019, contohnya.

Para peneliti mengamati sekelompok monyet capuchin berwajah putih Panama (peniru Cebus) melakukan kanibalisme terhadap bayi yang baru lahir di Taman Nasional Santa Rosa di Kosta Rika setelah monyet berusia 10 hari tersebut jatuh dari pohon.

Para peneliti yang mengamati kanibalisme menduga jantan dewasa mendorong atau menyerang bayi tersebut dan menyebabkan kematiannya.

Jantan dewasa dari banyak spesies berbeda akan membunuh keturunan yang tidak berkerabat demi mendapatkan kesempatan menjadi bapak bagi keturunan mereka sendiri.

Beruang kutub




Polar bears spar near the Hudson Bay community of Churchill, Manitoba, Canada November 20, 2021. REUTERS/Carlos OsorioBeruang kutub memangsa sisa jasad sesamanya. (Foto: REUTERS/CARLOS OSORIO)

Sebagian besar kasus kanibalisme beruang kutub (Ursus maritimus) melibatkan pejantan yang membunuh anaknya, anak di bawah umur, atau kadang betina dewasa.

Namun, baik beruang kutub jantan maupun betina akan memangsa bangkai beruang kutub mati yang telah dibunuh dan dikuliti oleh manusia, menurut sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Arctic.

Melansir The Guardian, kanibalisme meningkat pada beruang kutub di Rusia bagian utara pada 2020.

Hal ini kemungkinan karena kurangnya makanan imbas mencairnya es laut yang disebabkan oleh perubahan iklim dan aktivitas manusia yang memaksa mereka menjauh dari tempat berburu biasanya.

Jaguar




TO GO WITH AFP STORY by Yana Marull
A captive jaguar drinks water in an enclosure at Petro Velho Farm, a refuge of the non-governmental organization NEX in Corumba de Goias, about 80 km from Brasilia, on January 11, 2013. Nex, an NGO aimed at preserving and defending the life of endangered Brazilian wild cats, has a sanctuary in the state of Goias which receives big cats from across the country which cannot return to nature.  AFP PHOTO/Evaristo SA / AFP PHOTO / EVARISTO SAJaguar memangsa sesama yang tak dikenal. (AFP PHOTO / EVARISTO SA)

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal The Southwestern Naturalist mendokumentasikan kasus pertama kanibalisme liar di antara jaguar dewasa (Panthera onca).

Dua jaguar jantan tampaknya telah membunuh dan memakan sebagian seekor jaguar betina.

Para peneliti percaya kekerasan tersebut kemungkinan besar berasal dari tekanan sosial karena jaguar yang tidak dikenal bertemu satu sama lain di hutan.

Hiu Macan Pasir




Divers from the Blue Ocean Dive Resort swims with black-tip sharks and other fishes during a baited shark dive in Umkomaas near Durban, South Africa, on December 10, 2020. - Aliwal Shoal, a fossilised sand dune that lies about 4km offshore from the coastal town of Umkomaas, is one of the few places in the world where divers can dive without a cage with Oceanic Blacktip sharks and Tiger Sharks, as the apex predators are attracted by a bait drum filled with sardines. Although this activity still attracts many divers and tourists every year, organisers had to change the name from Sand Tiger Shark saling memangsa sejak dalam bentuk embrio. (Photo by Michele Spatari / AFP)

Hiu macan pasir (Carcharias taurus) disebut punya sifat kanibal yang tertanam sejak dini. Mereka saling memakan satu sama lain bahkan sebelum meninggalkan rahim.

Para peneliti telah lama mendokumentasikan embrio hiu macan pasir di dalam perut embrio lain, dengan anak-anaknya menyerang dan memakan pasangan rahimnya saat mereka berkembang.

Akibat dari kanibalisme ini berarti hanya keturunan terbesar dan terkuat lah yang dapat bertahan hidup.

Betina dewasa dapat kawin dengan banyak pejantan dan kanibalisasi terjadi di antara masing-masing embrio dari ayah yang berbeda.

Para peneliti telah menemukan lima hingga tujuh embrio dari banyak ayah di dalam rahim wanita pada awal masa kehamilan, dan dua embrio dari satu ayah di dalam rahim wanita pada akhir masa kehamilan.

Ada kemungkinan bahwa keturunan dari pejantan pertama yang kawin dengan betina memiliki lebih banyak waktu untuk berkembang dan keturunan dari pejantan berikutnya berukuran lebih kecil dan menjadi makanan mereka, namun para peneliti belum yakin.

Selain kanibalisasi saat masih menjadi embrio, hiu dewasa pun juga akan memakan anggota kecil dari spesiesnya.

Aligator




Infografis Kenali Beda Buaya dan AligatorFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Aligator memakan berbagai macam mangsa, termasuk aligator lainnya.

Warga Port Charlotte, Tammy Shaw, menangkap kanibalisme ini dalam video pada tahun 2022 saat bermain paddleboarding di Silver Springs State Park di Florida, WKMG News 6 ClickOrlando melaporkan.

Dalam video tersebut, seekor buaya besar muncul ke permukaan dengan buaya yang lebih kecil di rahangnya.

Adam Rosenblatt, asisten profesor biologi di University of North Florida yang mempelajari aligator Amerika (Alligator mississippiensis), sebelumnya mengatakan bahwa kanibalisme aligator telah terjadi selama jutaan tahun.

Aligator memakan hewan yang lebih kecil secara utuh. Untuk mangsa yang lebih besar, ia akan mengoyak dan berputar lewat jurus gulungan maut untuk merobek bongkahan daging.

Harimau

Para peneliti masih mempelajari perilaku kanibalisme pada harimau (Panthera tigris) namun terdapat bukti bahwa harimau dewasa kadang-kadang memangsa anak harimau dan harimau dewasa lainnya.

Misalnya, melansir Times of India, seekor harimau membunuh dan memakan seekor harimau betina dewasa dan kemudian dua harimau sub-dewasa di Taman Nasional Kanha di India pada tahun 2019.

Laba-laba hingga anjing laut di halaman berikutnya…




Sumber: www.cnnindonesia.com