Daftar Hp yang Paling Anjlok Penjualannya, Riset Beri Penjelasan

Dua pabrikan ponsel China, Vivo dan Xiaomi, menjadi yang paling anjlok penjualannya pada kuartal II 2023.

Jakarta, CNN Indonesia

Penjualan ponsel secara global masih menunjukkan tren menurun dengan nasib Hp asal China yang paling terdampak.

Hal itu terungkap dalam hasil riset pasar lembaga analis Counterpoint bertajuk ‘Global Smartphone Market Declines for Eighth Straight Quarter; Premium Segment Growth a Silver Lining’ untuk periode Kuartal II (Q2) 2023.

“Penjualan smartphone global turun 8% YoY dan 5% QoQ (kuartal ke kuartal) di Q2 2023,” demikian dikutip dari keterangan Counterpoint.

Lembaga tersebut mengungkap penyebab pasar smartphone global saat ini memang mengalami penurunan tempo. Hal itu terjadi di semua wilayah. Namun, penurunan yang terbesar terlihat di pasar yang relatif lebih maju seperti AS, Eropa Barat, dan Jepang.

Sementara, pasar di China, India, Timur Tengah dan Afrika menurun relatif lebih kecil.

Counterpoint mengungkap sejumlah sebab penurunannya. Pertama, “karena siklus penggantian konsumen yang semakin panjang.”

Kedua, karena konvergensi dalam inovasi perangkat; ketiga, munculnya pasar refurbished yang lebih matang untuk smartphone, terutama untuk permintaan segmen harga menengah ke bawah yang bervolume lebih tinggi.

Counterpoint juga menyebut segmen premium dengan harga di atas Rp9 jutaan terus tumbuh tanpa kendala.

“Hal ini dikarenakan segmen konsumen ini memilih pengalaman yang lebih unggul, didukung oleh ketersediaan opsi pembiayaan yang mudah di seluruh wilayah utama.”

Firma riset tersebut mengungkap segmen premium jadi satu-satunya segmen yang tumbuh selama kuartal kedua 2023 ini, dan memberikan kontribusi tertinggi di kuartal kedua terhadap pasar secara keseluruhan.

“Lebih dari satu dari lima smartphone yang terjual selama kuartal kedua adalah smartphone premium,” menurut keterangan tersebut.

Meski demikian, pasar ponsel tidak sesuram itu. Pelacak Inventaris Ponsel Cerdas (Smartphone Inventory Tracker) Counterpoint mengungkap inventaris ponsel cerdas global (jual-masuk vs jual-tayang) telah mencapai tingkat yang sehat selama empat hingga lima bulan terakhir.

Hal ini memungkinkan OEM (Original Equipment Manufacturer) memiliki “ruang bernapas untuk meluncurkan dan mendorong model yang lebih baru di paruh kedua dan menarik konsumen untuk meningkatkan, dan mempercepat siklus penggantian.”

“Kami memperkirakan pasar pulih perlahan di kuartal mendatang,” kata Counterpoint.

Berikut daftar lengkap ranking Hp yang anjlok di Kuartal II 2023:

  1. Vivo 17 persen
  2. Xiaomi 12 persen
  3. Samsung 12 persen
  4. Oppo 3 persen
  5. Apple 2 persen
  6. Lainnya 7 persen

Selain itu, Counterpoint juga mengungkap ranking penguasaan market smartphone di periode yang sama. Berikut daftarnya:

  1. Samsung 22 persen
  2. Apple 17 persen
  3. Xiaomi 12 persen
  4. Oppo 10 persen
  5. Vivo 8 persen
  6. Lainnya 31 persen

(lom/arh)





Sumber: www.cnnindonesia.com