Daerah-daerah yang Terancam Gelombang Tinggi Jelang Natal

Potensi pasang laut yang tinggi hingga banjir rob selalu diperingatkan jelang Bulan Purnama. Apa hubungan keduanya?


Jakarta, CNN Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi mulai 2,5 hingga 6 meter di beberapa wilayah perairan jelang Hari Natal 25 Desember 2023. Simak daftar daerah yang terancam gelombang tinggi.

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan sejumlah daerah di Indonesia berpotensi menghadapi cuaca ekstrem selama beberapa hari ke depan.

Ia menjelaskan berdasarkan analisis terbaru, aktivitas pola tekanan rendah di sekitar Laut China Selatan masih dapat berlangsung selama 3-4 hari ke depan dengan kecenderungan melemah intensitasnya sehingga dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menambahkan pola tekanan rendah di sekitar Laut China Selatan itu secara tidak langsung turut membentuk pola pertemuan serta belokan angin dan menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Berdasarkan data analisis dinamika atmosfer terkini, dapat diprediksikan bahwa potensi hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia,” kata Guswanto dalam keterangannya, Senin (18/12).

Menurut Guswanto, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Papua, Sulawesi, dan Maluku

Ia juga menerangkan bahwa awan Cumolonimbus (CB) dapat terjadi pada periode 18-23 Desember, dengan persentase cakupan spasial maksimum antara 50-75 persen (OCNL / Occasional) diprediksi terjadi di: Laut Andaman, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Filipina, Samudera Pasifik utara Pulau Papua, Samudera Hindia barat Pulau Sumatera, Selat Malaka, Selat Karimata, Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Seram, Laut Banda, Laut Aru, Laut Arafura, sebagian Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Papua.

Dengan persentase cakupan spasial lebih dari 75 persen (FRQ / Frequent) diprediksi terjadi di : Laut Cina Selatan, Laut Filipina, Samudera Pasifik utara Pulau Papua, Laut Arafura

Berikut daftar potensi gelombang tinggi hingga 24 Desember 2023

Gelombang Tinggi (2,5 – 4 meter) :
– Perairan utara Sabang
– Perairan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna
– Perairan Kepulauan Subi-Serasan
– Samudra Hindia selatan Jawa Barat-Bali
– Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud
– Laut Maluku bagian utara
– Perairan utara dan barat Halmahera
– Laut Halmahera
– Perairan utara Raja Ampat
– Samudra Pasifik utara Halmahera-Biak

Gelombang Sangat Tinggi (4,0 – 6.0 meter) :
– Laut Natuna Utara

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com