Cerita Marshanda Pusing Keluarga Ikut Kecele Berita Hoaks Soal Dirinya

Selebritas Marshanda mengaku pernah menjadi korban berita hoaks di media sosial yang nahasnya membuat keluarga bertanya-tanya.


Jakarta, CNN Indonesia

Aktris Andriani Marshanda (34) mengaku pernah menjadi korban berita hoaks atau informasi bohong yang tersebar di media sosial. Disinformasi itu pun turut meramaikan grup WhatsApp keluarganya.

“Pengalaman pribadi tentang berita yang tidak sesuai fakta itu sering. Bahkan grup WhatsApp keluarga, teman, ngirim headline berita. Terus nanya, ‘Ca (Caca, panggilan akrab Marshanda) ini apa?’. Terus ya pas dilihat ini hoaks,” kata dia, saat menjadi salah satu pembicara di talk show ‘Ada Apa dengan Digital’, di Balai Sarbini, Jakarta Pusat, Rabu (7/2).

Dia sendiri mengaku tak pernah ambil pusing dengan informasi atau berita hoaks tentang dirinya. Namun, Caca cukup pusing jika berita-berita itu sudah sampai ke lingkar terdekatnya, mulai dari teman hingga keluarga.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apalagi, kata dia, informasi hoaks atau berita bohong memang sangat mudah menyebar. Sementara, klarifikasi terhadap berita bohong ini tak menyebar semasif berita bohongnya.

Pengen bilang, please ini tuh bohong. Tapi kalau dipikir ya memang klarifikasi itu lama menyebarnya. Mungkin headline klarifikasi enggak seseru dan sepanas berita hoaks,” keluh pemeran Lala dalam sinetron Bidadari ini.

Dalam kesempatan itu, Marshanda kemudian mengajak masyarakat agar lebih berhati-hati dengan semua informasi yang tersebar di media sosial. Jangan sampai ikut-ikutan terbawa arus berita hoaks ini.

Dia pun memberi tips agar terhindar dari arus informasi bohong yang bisa menjerumuskan masyarakat. Hal ini adalah cara yang dia lakukan selama ini.

“Aku follow orang-orang yang menurutku memberikan sesuatu yang membuat aku bernilai positif,” kata dia.

Ajang ‘Ada Apa dengan Digital’ ini sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Transmedia dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

[Gambas:Video CNN]

(tst/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com