Cara Scan Ulang TV Digital untuk Kembalikan Channel yang Hilang

Lembaga riset Nielsen mengaku sudah punya tekonologi yang bisa menghitung pemirsa TV digital di rumah-rumah. Program ASO tak bakal terganjal?

Jakarta, CNN Indonesia

Cara scan ulang tv digital tidaklah sulit. Masyarakat hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk dapat menikmati siaran tv digital.

Memindai atau scan ulang perlu dilakukan pengguna secara berkala. Sebab, daftar saluran atau channel tv digital dapat berubah atau hilang seiring waktu, terutama jika ada perubahan pada penyedia layanan atau pemancar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk itu, Anda perlu melakukan scan ulang untuk mencari kembali siaran TV digital yang tersedia di daerah Anda dan memastikan daftar channel telah diperbarui.

Apabila masih menggunakan TV analog di rumah, Anda perlu menggantinya dengan TV digital atau menggunakan set top box (STB) untuk dapat menikmati siaran TV digital.

Namun, jika TV sudah memiliki fitur Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation (DVB-T2), Anda dapat langsung menikmati konten siaran TV digital tanpa STB.

Untuk dapat menikmati siaran TV digital ini perlu melakukan scan (auto scan) pada TV. Scan perlu dilakukan untuk menemukan siaran TV digital yang tersedia di daerah Anda.

Cara scan ulang TV digital

Berikut cara scan ulang TV digital untuk memperbarui channel atau program siaran.

  1. Sambungkan kabel antena UHF ke TV. Pastikan posisi antena tadi sesuai dengan ketinggian dan/atau arah lokasi pemancar multipleksing.
  2. Nyalakan TV dengan remot.
  3. Masuk ke menu pengaturan TV.
  4. Cari menu “Scan” atau “Pencarian saluran”. Biasanya terdapat pilihan DTV untuk siaran digital dan ATV untuk siaran analog. Pilih DTV untuk memindai ulang siaran tv digital.
  5. Pilih opsi “Scan Otomatis” atau “Auto Scan” atau “Auto Tuning” untuk memindai program atau channel siaran tv digital.
  6. Tunggu sampai proses scan selesai 100 persen.

Scan ulang tv dengan STB

Pemilik tv analog atau tv yang belum dilengkapi DVB-T2 tapi ingin menikmati siaran digital perlu memastikan perangkatnya telah terhubung dengan alat tambahan STB.

Berikut cara scan ulang TV dengan STB.

  1. Sambungkan STB ke TV dan antena UHF dengan menggunakan salah satu dari kabel RCA atau HDMI sesuai jenis TV.
  2. Pastikan kabel antara STB, antena, dan TV tersambung dengan baik.
  3. Pastikan TV dalam keadaan menampilkan sumber AV. Jika terdapat beberapa pilihan AV1, AV2, dst, maka sesuaikan.
  4. Nyalakan STB, kemudian arahkan agar masuk ke halaman ‘Menu’ menggunakan remot STB.
  5. Selanjutnya pilih “pencarian saluran secara otomatis”.
  6. Tunggu sampai proses scan selesai dan klik ‘Simpan’.

Untuk mendapatkan sinyal TV digital yang baik, pastikan Anda menggunakan antena yang berkualitas dan pasang di tempat yang tinggi, terbuka, dan mengarah ke pemancar TV digital.

Demikian cara scan ulang tv digital. Semoga membantu.

(fef)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com