Cara Pakai WhatsApp Chat Lock, Fitur yang Diklaim ‘Support’ Selingkuh

Hp yang sedang Anda pakai, bisa saja menjadi sasaran peretasan pihak tak bertanggung jawab. Berikut vara mengatasi hp yang disadap.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Pengguna media sosial X (dulu Twitter) ramai membahas unggahan viral yang menunjukkan seorang pria memberikan tutorial fitur WhatsApp yang disebut-sebut bisa dipakai untuk selingkuh dari pasangan. Cek cara pakainya.

Chat Lock di WhatsApp sebetulnya bukan fitur baru. Fitur ini sudah meluncur sejak 15 Mei dengan tujuan “menjaga pesan Anda tetap privat dan aman”. Melansir situs Meta, dengan fitur ini obrolan (chat) atau grup yang ingin diproteksi tidak akan dapat dibuka tanpa izin.

Sebuah chat nantinya akan masuk ke berkas (folder) yang hanya bisa diakses menggunakan kata sandi pribadi atau biometrik seperti sidik jari dan pengenalan wajah. Fitur ini juga membuat chat yang terproteksi tidak akan muncul di notifikasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini?

Melansir situs resmi WhatsApp, pengguna dapat menonaktifkan atau mengaktifkan fitur ini untuk obrolan apa pun. Jika belum mengatur autentikasi perangkat, seperti kode sandi ponsel, sidik jari, atau Face ID, pengguna akan diminta untuk mengaturnya sebelum mengunci obrolan.

Berikut cara mengaktifkan fitur Chat Lock:

Nyalakan Chat Lock

– Tekan lama pada obrolan yang ingin dikunci.
– Ketuk logo tiga titik di ujung kanan atas WhatsApp
– Pilih ‘Kunci Obrolan’
– Setelahnya ada pemberitahuan bahwa chat yang dikunci ini nantinya bisa dibuka menggunakan pengenalan wajah atau sidik jari
– Pilih ‘Lanjutkan’
– Sentuh Kunci Obrolan ini dengan sidik jari dan konfirmasikan sidik jari.

Membuat kode rahasia

Setelah mengaktifkan kunci obrolan, Anda dapat memilih untuk mengunci obrolan Anda dengan kode rahasia yang berbeda dengan kode sandi ponsel Anda.

Untuk lapisan privasi tambahan, Anda juga dapat memilih untuk menyembunyikan folder Obrolan Terkunci agar tidak muncul di daftar obrolan dan hanya muncul ketika Anda mengetikkan kode rahasia di bilah Pencarian.

– Buka folder ‘Obrolan Terkunci’ > ‘Pengaturan’
– Sentuh ‘Kode Rahasia’ > ‘Buat Kode Rahasia’
– Buat kode dan sentuh ‘Berikutnya’
– Konfirmasikan kode dan ketuk ‘Selesai’

Ubah atau matikan kode rahasia

Pengguna juga dapat mengubah atau menonaktifkan kode rahasia dengan membuka folder ‘Obrolan Terkunci’ > ‘Obrolan Terkunci’ > ‘Pengaturan’ > ‘Kode ‘Rahasia’.

Sembunyikan folder Obrolan Terkunci

Untuk menyembunyikan folder Obrolan Terkunci agar tidak muncul di daftar obrolan, buka folder ‘Obrolan Terkunci’ > ‘Pengaturan’ dan aktifkan ‘Sembunyikan Obrolan Terkunci’.

Lihat Obrolan Terkunci

Pengguna dapat melihat obrolan terkunci dengan menggulir ke bawah pada daftar obrolan dan menyentuh folder ‘Obrolan Terkunci’, atau jika menyembunyikan daftar obrolan, bisa dengan memasukkan kode rahasia ke dalam bilah ‘Pencarian’.

– Buka tab ‘Obrolan’ dan gulir ke bawah untuk menyentuh ‘Obrolan Terkunci’
– Jika menyembunyikan folder ‘Obrolan Terkunci’, masukkan kode rahasia pada bilah ‘Pencarian’ dan ketuk ‘Obrolan Terkunci’
– Sentuh sensor sidik jari untuk membuka kunci
– Sentuh obrolan untuk melihat atau mengirim pesan.

Nonaktifkan kunci obrolan

– Membuka kunci masing-masing obrolan
– Tekan lama pada obrolan yang ingin dibuka kuncinya
– Sentuh logo tiga titik di ujung kanan atas WhatsApp > ‘Buka Kunci Obrolan’
– Nonaktifkan dan konfirmasikan sidik jari.

Buka kunci dan hapus semua obrolan

Jika membuka kunci dan menghapus semua obrolan, semua obrolan yang terkunci akan dibuka kuncinya pada daftar obrolan. Ini berarti riwayat obrolan dalam obrolan terkunci, termasuk pesan dan media, akan dihapus. Kode rahasia juga akan dihapus.

– Buka pengaturan WhatsApp
– Ketuk ‘Privasi’ > ‘Kunci Obrolan’ > ‘Buka Kunci’ dan ‘Hapus Semua’.

(tim/dmi)



Sumber: www.cnnindonesia.com