Cara Nonton Gerhana Matahari Hibrida Secara Daring dan Luring

Beberapa tempat menggelar acara nobar gerhana matahari sekaligus menyiarkan secara daring. Cek detilnya di sini.

Jakarta, CNN Indonesia

Fenomena langka gerhana matahari hibrida tak bisa dibiarkan berlalu begitu saja. Jika Anda tak bisa melihat langsung, akibat cuaca misalnya, pantauan secara daring bisa dilakukan.

Gerhana matahari hibrida berarti pada waktu yang bersamaan terjadi dua macam gerhana, yaitu cincin dan total. 

Planetarium dan Observatorium Jakarta menyebut tipe gerhana semacam ini “sangatlah langka, terakhir terjadi di Indonesia 216 tahun yang lalu, dan baru akan terjadi lagi pada tahun 2049 mendatang.”

Masalahnya, gerhana matahari hibrida hanya akan terjadi di lintasan yang terbatas di timur Indonesia. Sementara, wilayah barat RI hanya mendapat gerhana matahari sebagian.

Di Jakarta, fenomena ini akan tampak dengan porsi ketertutupan mencapai 39 persen.

“Bagi kalian yang ingin mengamatinya, harap berhati-hati dan selalu gunakan alat bantu kacamata atau filter matahari ya,” menurut keterangan Planetarium di akun Instagram-nya.

Peneliti Ahli Madya di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Johan Muhammad menuturkan sebagian lintasan gerhana matahari total 2023 akan melewati wilayah lautan seperti Laut Timor dan Laut Banda.

Daratan yang dilalui jalur gerhana matahari total adalah sebagian Timor Leste dan beberapa daerah di Papua Barat, termasuk Biak yang jadi titik pantau tim dari BRIN.

Lantas, bagaimana jika ingin memantau gerhana matahari total, cincin, atau sebagian buat warga yang terhalang atau tak kebagian gerhana itu?

Planetarium

Terkait momen gerhana matahari hibrida ini, Planetarium dan Observatorium Jakarta menggelar acara nobar ‘Pengamatan Bersama Gerhana Matahari Parsial di Jakarta’, di Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Kamis (20/4) mulai pukul 07.30 s.d 13.00 WIB.

Lokasi ini menyediakan 13 teleskop yang telah dipasang filter Matahari yang bisa digunakan secara bergilir dan dipandu oleh komunitas astronomi.

Selain itu, ada pula diskusi soal gerhana matahari hingga Salat Gerhana di Masjid Amir Hamzah TIM mulai pukul 10.00 WIB s.d selesai.

Tak ketinggalan, ada pula nonton bareng pengamatan gerhana matahari total yang disiarkan langsung dari Biak Numfor dan gerhana matahari sebagian di Pantai Mercusuar, Anyer, di kanal Youtube Planetarium dan Observatorium Jakarta.

BRIN

BRIN menggelar pengamatan langsung sekaligus siaran langsung gerhana matahari hibrida di Kawasan Stasiun Lapangan Stasiun Bumi BRIN, Biak.

Warga pun dapat menyaksikannya melalui Live Streaming Youtube BRIN Indonesia mulai pukul 10.00 WIB/12.00 WIT sampai 13.30 WIB/15.30 WIT.

Observatorium Bosscha

Bosscha sendiri sudah memutuskan memusatkan pemantauan dan kajian gerhana matahari hibrida di Pulau Kisar. Pihak observatorium pun akan menyiarkannya secara langsung di kanal YouTube obsbosscha.

“Kami akan menghadirkan bagaimana proses tertutupnya piringan Matahari hingga kegelapan saat gerhana total dari Lapangan Maka, Pulau Kisar,” kata Bosscha.

Selain itu, Bosscha juga tetap menggelar nobar di observatorium di Lembang.

(tim/arh)


[Gambas:Video CNN]







Sumber: www.cnnindonesia.com