Cara Mudah Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Di media sosial viral cerita peretas mengirim foto berekstensi APK yang merupakan malware. Apakah semua APK berbahaya?


Jakarta, CNN Indonesia

Kehilangan akses terhadap akun aplikasi pesan instan WhatsApp, yang jadi kanal komunikasi utama buat banyak warga, bakal sangat mengganggu. Simak cara mengembalikan kontak kita yang dibajak.

Pengguna WhatsApp mungkin kehilangan akses pada akunnya karena dibajak oleh orang lain. Contohnya, korban kejahatan social engineering atau aktivis yang terlalu kritis.

Jika Anda menjadi korban pembajakan seperti ini, maka hal yang pertama harus dilakukan adalah menginformasikan kepada keluarga, teman, dan kerabat bahwa akun Anda kemungkinan dibajak oleh orang lain.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan demikian, mereka tidak akan menjadi korban dari kejahatan lain yang mungkin dilakukan pembajak tersebut, seperti misalnya penipuan untuk mentransfer sejumlah dana.

WhatsApp menyebut aplikasinya menyimpan pesan di perangkat, sehingga pembajak tidak dapat membaca riwayat pesan meskipun sudah mengambil alih akun dan mengaksesnya di perangkat lain.

“WhatsApp dienkripsi secara end-to-end dan pesan disimpan di perangkat Anda, sehingga seseorang yang mengakses akun Anda di perangkat lain tidak dapat membaca percakapan Anda sebelumnya,” tulis WhatsApp di situsnya.

Berikut cara praktis mengambil alih akun yang dibajak:

1. Sign in ke WhatsApp dengan memasukkan nomor ponsel

2. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS

3. Setelah verifikasi dilakukan, pembajak akan kehilangan akses dari akun Anda secara otomatis.

Setelah berhasil melakukan verifikasi, Anda mungkin juga akan diminta untuk memberikan kode verifikasi dua langkah. Jika Anda tidak mengetahui kode ini, maka orang yang menggunakan akun Anda mungkin telah mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Anda perlu menunggu 7 hari sebelum dapat masuk tanpa kode verifikasi dua langkah. Terlepas dari apakah Anda mengetahui kode verifikasi ini atau tidak, orang lain yang membajak akun Anda akan keluar dari akun tersebut setelah Anda memasukkan kode verifikasi SMS 6 digit.

Lebih lanjut, jika Anda mencurigai seseorang menggunakan akun Anda melalui WhatsApp Web/Desktop, sangat disarankan untuk melakukan log out dari semua komputer dalam pengaturan di ponsel Anda.

Pengamanan tambahan

WhatsApp memberikan beberapa tips untuk menghindari pencurian akun. Pertama, jangan pernah bagikan 6 digit kode verifikasi yang diterima lewat SMS kepada siapapun.

Kemudian, sangat disarankan untuk melakukan verifikasi dua langkah. Fitur keamanan tambahan ini dapat diaktifkan di bagian Settings>Account>Two-step verification, lalu Anda tinggal membuat PIN aksesnya.

Selain itu, Anda disarankan untuk mengaktifkan fitur privasi dengan hanya mengizinkan kontak Anda untuk melihat foto profil.

Anda juga harus berhati-hati ketika ada yang meminta untuk mentransfer sejumlah dana. Pastikan identitas orang yang meminta transfer dana tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com