Cara Mudah Melacak Pasangan atau Keluarga Pakai Google Maps

Beberapa fitur di Hp Android menyediakan kemudahan untuk mengetahui posisi orang-orang, tentunya selama ada consent. Simak cara mudahnya berikut.


Jakarta, CNN Indonesia

Mengetahui posisi keluarga terdekat akan memberi rasa nyaman. Hal ini sejak lama sudah bisa dilakukan lewat ponsel Android Anda, terutama Google Maps.

Sebagai catatan, Anda tetap memegang kendali soal siapa saja yang dapat melihat posisi Anda dan kapan Anda dapat berhenti berbagi lokasi.

Fitur-fitur lokasi ini berguna saat mengecek posisi terakhir anak-anak Anda, perkiraan kapan rekan-rekan yang rencananya bertamu akan datang sehingga tahu percis berapa banyak waktu yang tersisa untuk membereskannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa aplikasi sudah lazim dipakai untuk berbagi lokasi semacam ini. WhatsApp, misalnya. Anda dapat mengetuk ikon klip kertas di bagian bawah percakapan, lalu mengetuk ‘Lokasi’ untuk memberi tahu seseorang di mana Anda berada selama jangka waktu hingga delapan jam.

Di luar itu, masih banyak aplikasi resmi yang bisa memberitahu lokasi orang-orang terdekat Anda, salah satunya adalah Google Maps. Berikut rinciannya, melansir The Verge:

Rincian langkah

Pilihan paling jelas untuk berbagi lokasi di Android adalah Google Maps. App ini sudah diinstal sebelumnya di ponsel dengan sistem operasi dari Google tersebut (dan juga tersedia di iPhone).

Berbagi lokasi dapat berupa pengaturan satu arah atau dua arah. Anda dapat melihat orang lain tanpa mereka melihat Anda jika Anda mau (dan jika mereka mengizinkannya).

Jika Anda ingin membuat lokasi Anda terlihat, Anda perlu mengaktifkan pelacakan lokasi di ponsel Anda: dari Pengaturan di Android, ketuk Lokasi (Location), lalu aktifkan opsi Gunakan lokasi (Use Location).

Untuk mulai membagikan lokasi Anda, berikut caranya:

+ Buka Google Maps di ponsel Anda, dan ketuk avatar akun Google Anda (kanan atas).

+ Pilih Berbagi lokasi (Location sharing).

+ Ketuk Berbagi baru (New share) untuk mulai berbagi lokasi Anda dengan kontak yang dituju.

+ Pilihan pertama Anda adalah berapa lama Anda akan membagikan lokasi Anda: gunakan tombol + (plus) atau – (minus) untuk mengatur jangka waktu antara 15 menit dan sembilan jam.

+ Pilih Sampai Anda mematikannya (Until you turn this off) jika Anda ingin kontak tersebut dapat melihat lokasi Anda sampai Anda memutuskan sebaliknya.

+ Pilih kontak dari daftar saran, atau ketuk Lainnya (More) untuk memilih kontak lain.

Kontak pilihan Anda kemudian mendapat peringatan di Google Maps yang menyatakan bahwa Anda membagikan lokasi Anda dengan mereka.

Mereka akan mendapatkan opsi untuk membagikan kembali lokasinya, tetapi mereka tidak harus melakukannya.

Tidak ada cara khusus untuk meminta melihat lokasi orang lain. Mereka harus mengikuti langkah-langkah di atas atau membalasnya melalui pesan berbagi lokasi Anda.

Layar Berbagi lokasi (Location sharing) yang sama tempat Anda menambahkan kontak baru juga mencantumkan orang-orang yang saat ini Anda bagikan data lokasi. Anda akan melihat keberadaan semua orang tersebut yang diplot di peta.

Ketuk kontak dalam daftar di bawah peta untuk memperbesar lokasi tepatnya.

Anda juga akan mendapatkan kartu informasi yang memberitahukan seberapa jauh mereka dari Anda, kapan lokasi mereka terakhir diperbarui, dan tingkat baterai ponsel mereka (yang mungkin menjadi alasan mereka mengabaikan panggilan Anda).

Anda dapat mengetuk Petunjuk Arah (Directions) untuk mendapatkan petunjuk arah dari lokasi Anda saat ini ke kontak atau Berhenti (Stop) untuk segera berhenti membagikan lokasi Anda dengan orang tersebut.

Anda juga dapat mengatur notifikasi untuk kontak:

+ Di layar Berbagi lokasi (Location sharing), ketuk kontak yang ingin Anda beri tahu.

+ Ketuk Tambah (Add) di sebelah judul Notifikasi.

+ Pilih lokasi yang ingin dijadikan dasar notifikasi, baik dengan menerima saran dari Google Maps atau mengetuk Tambahkan lokasi (Add location).

+ Pilih apakah Anda ingin mendapat pemberitahuan saat kontak tiba di lokasi ini, meninggalkan lokasi ini, atau keduanya.

+ Ketuk Simpan (Save), lalu Simpan lagi. Kontak pilihan Anda akan mendapat peringatan yang mengatakan bahwa Anda telah menyiapkan notifikasi, dan notifikasi itu sendiri akan melalui Google Maps.

+ Ketuk Notifikasi pada layar berbagi lokasi untuk mengedit atau menghapus notifikasi.

Ingat-ingat, jika Anda menggunakan aplikasi Google Family Link untuk memantau perangkat anak-anak, pemantauan lokasi juga termasuk opsi di tab khusus tersebut.

Anda mungkin merasa lebih nyaman menggunakan aplikasi ini daripada Google Maps untuk anak-anak Anda.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com