Cara Main Mobile Legend untuk Pemula agar Cepat Naik Level

Berikut cara main Mobile Legend Bang Bang (MLBB) untuk pemula agar permainan terasa lebih mudah dan cepat naik level.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Mobile Legend Bang Bang (MLBB) adalah permainan populer yang dibuat oleh Moonton. Meski sudah ada sejak 2016, masih banyak pemain baru yang tertarik untuk mulai bermain Mobile Legend.

Namun, banyak pemula yang bingung dan merasa tertinggal dengan para pro player atau pemain jagoan di permainan ini. Jika kamu merasakan hal ini, simak dulu cara main Mobile Legend untuk pemula yang satu ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan mengetahui tips dan trik bermain Mobile Legend, permainan menjadi lebih mudah dan terasa menyenangkan!

1. Ketahui hero yang kamu pilih

Hal paling penting yang harus dipahami pemula ketika bermain Mobile Legend adalah mengetahui dan menguasai hero yang kamu pilih.

Di ML, tiap hero memiliki kelas masing-masing, yakni Tank, Fighter, Assassin, Mage, Marksman, dan Support, berikut penjelasan tiap kelas tersebut:

  • Tank adalah tameng tim yang memiliki nyawa (HP) dan pertahanan tinggi. Contoh hero dari kelas Tank adalah Tigreal, Johnson, dan Grock.
  • Fighter adalah penyerang utama yang memiliki HP, pertahanan, dan serangan yang seimbang. Contoh fighter adalah Chou, Sun, dan Ruby.
  • Assassin memiliki HP rendah, tetapi serangan sangat tinggi dan cocok untuk menyergap musuh. Contoh assasin adalah Saber, Fanny, Helcurt, dan Hayabusa.
  • Mage dapat menyerang musuh dari jauh, tetapi pertahanannya kurang baik. Contoh mage adalah Eudora, Pharsa, Alice, dan Harith.
  • Marksman memiliki serangan sangat tinggi, tetapi dengan pertahanan dan mobilitas rendah. Contoh marksman adalah Miya, Layla, dan Lesley.
  • Terakhir ada support yang mampu menjaga teman setim tetap hidup. Contohnya adalah Estes, Angela, Diggie, dan Rafaela.

Setelah memilih hero yang paling pas denganmu, baca dan pahami skill yang mereka miliki. Latihan terus menerus sampai kamu benar-benar menguasai hero tersebut.

2. Pahami jalur pada peta

Ketika bermain Mobile Legend, tiap hero akan diletakkan di sebuah peta dengan banyak jalur atau jalan. Kamu kemudian diharuskan untuk membunuh hero lain serta meruntuhkan tower yang dimiliki musuh.

Terdapat tiga jalur yang bisa kamu lewati di MLBB, yakni gold lane, mid lane, dan exp lane, berikut penjelasan tiap jalur tersebut:

  • Gold lane: memiliki kenaikan 50 persen bonus uang dan cocok digunakan oleh kelas marksman, tank, serta support.
  • Mid lane: jalur tengah yang cocok digunakan oleh kelas mage.
  • EXP lane: memiliki kenaikan 50 persen bonus exp dan cocok dilalui oleh kelas fighter atau tank.

Selain itu, ada pula jalur jungle atau melalui hutan dan pepohonan yang cocok digunakan assassin untuk menyergap musuh. Kunjungi jalur yang sesuai dengan kelas hero milikmu agar permainan lebih mudah dimenangkan.

3. Atur item dan equipment yang diperlukan

Ketika bermain, kamu bisa mengatur item dan equipment yang digunakan oleh hero milikmu. Pastikan perlengkapan yang kamu gunakan bisa membuat hero milikmu menjadi jauh lebih mematikan.

Selain menentukan perlengkapan yang bisa mendukung hero milikmu, kamu juga bisa memasang equipment yang bisa menangkal perlengkapan musuh. Informasi tentang perlengkapan musuh dapat ditemukan sejak awal hingga akhir pertandingan.

4. Tingkatkan emblem talent dan battle skill

MLBB juga memiliki emblem talent dan skill yang bisa ditingkatkan agar hero menjadi lebih hebat. Emblem talent bisa dipasang ke seorang hero sebelum pertandingan dimulai dan bisa dinaikkan hingga level 60.

Kemudian ada battle skill yang bisa mempermudah permainan. Sayangnya, bagi pemula battle skill ini kebanyakan masih terkunci dan satu-satunya cara untuk membukanya adalah dengan menaikkan level akunmu.

5. Manfaatkan buff

Cara main Mobile Legend untuk pemula yang jarang diketahui orang adalah memanfaatkan buff. Ada dua buff yang umum ditemukan dalam pertandingan, yakni buff biru yang bisa mengurangi waktu menunggu menggunakan skill serta mengurangi mana yang dibutuhkan.

Sementara itu, buff merah bisa membuat musuh berjalan lebih pelan dan mendapatkan serangan lebih tinggi. Buff bisa didapatkan dengan cara membunuh monster yang ada dalam peta.

6. Jangan terobsesi dengan mendapatkan MVP

Tips berikutnya cukup unik yakni jangan terlalu terobsesi mendapatkan MVP dan membunuh banyak musuh. Banyak pemain terlalu berambisi untuk mendapatkan MVP hingga lupa dengan aturan main MLBB.

Mobile Legend sendiri adalah tower game yang bisa dimenangkan ketika tim milikmu berhasil menghancurkan semua tower milik lawan.

Sering kali, beberapa pemain lebih senang membunuh hero lawan hingga lupa untuk menghancurkan tower. Hal ini bisa membuat tim milikmu mengalami kekalahan.

7. Hati-hati dengan microtransaction

Terakhir, Mobile Legend adalah game yang disertai dengan microtransaction atau pembelian menggunakan uang asli. Biasanya, orang-orang rela menggunakan uang resmi untuk membeli skin hero favorit mereka.

Sayangnya, skin hero tersebut harus dibeli menggunakan sistem gacha yang membuat kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk bisa mendapatkan skin.

Agar tidak ketagihan dan berakhir mengeluarkan terlalu banyak uang, sebaiknya kamu menghindari sistem ini.

Semoga cara main Mobile Legend untuk pemula ini bermanfaat.

(sac/fef)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com