Indeks

Cara Edit Pesan WhatsApp Maksimal 15 Menit usai Dikirim

WhatsApp dalam waktu dekat bakal menyediakan fitur sunting pesan untuk pengguna. Bagaimana cara edit pesan itu, jaga-jaga salah kirim?

Jakarta, CNN Indonesia

Pengguna Whatsapp kelak tak perlu khawatir salah mengirim pesan berkat fitur edit chat dengan tenggat 15 menit setelah dikirim.

Melansir WABetaInfo, fitur tersebut saat ini belum tersedia luas dan baru masuk tahap uji beta. Meski demikian, sudah ada sejumlah kisi-kisi terkait cara mengaktifkan fitur ini.

Lewat fitur ini pesan typo atau salah ketik maupun salah kirim bisa dengan cepat disunting.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Caranya adalah dengan mengetuk atau tap dan tahan pesan atau chat yang ingin diedit. Lalu, pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih ‘Edit’. Dari tangkapan layar yang dibagikan WaBetaInfo, terlihat simbol ‘edited’ bagi pesan yang sudah disunting.

Kendati begitu, pengguna WhatsApp hanya bisa mengubah chat dalam waktu kurang dari 15 menit setelah pengiriman. Ini jauh lebih singkat dibandingkan fitur edit pesan di Telegram yang mencapai 48 jam setelah dikirim.

Fitur beta ini tak tersedia di semua versi Android akan menerima pembaruan tersebut. Paling tidak, ponsel pengguna harus memiliki Android versi 2.22.22.14.

Edit chat ini juga bisa dijalankan jika pengirim dan penerima pesan sudah sama-sama memperbarui versi aplikasi. Sehingga, ada potensi fitur itu tak bekerja di aplikasi yang masih jadul.

WhatsApp sendiri belum mengumumkan kapan fitur ini akan rilis. Mereka masih mengembangkan fitur tersebut dalam versi ujicoba beta, dan akan diperbarui untuk versi Android dan iOS.

Di saat bersamaan, Whatsapp juga tengah melakukan perbaikan pada layanan pesan suara mereka. WhatsApp berencana menambahkan fitur yang bisa mempercepat pesan suara.

Berdasarkan tangkapan layar yang diunggah WaBetaInfo, layar chat akan menunjukkan angka indikator percepatan pemutaran, misalnya, 1,5 kali lipat saat fitur ini aktif.

Cara terbaik untuk mengecek apakah fitur tersebut sudah tersedia atau belum adalah dengan menyetel voice notes. Jika tombol indikator kecepatan pemutaran muncul, artinya Anda dapat memulai memakai fitur ini.

Jika tidak, Anda harus menunggu pembaruan setidaknya untuk versi 2.2241.0.0.

[Gambas:Video CNN]

(arh)




Sumber: www.cnnindonesia.com

Exit mobile version