Cara Edit Foto di Whatsapp, Mudah atau Susah?

Anda ternyata tetap bisa mengirim pesan (chat) ke nomor yang telah memblok Anda di Whatsapp. Bagaimana caranya?

Jakarta, CNN Indonesia

Whatsapp tidak hanya mengizinkan pengguna berkirim foto melainkan juga mengeditnya. Simak cara melakukan hal tersebut di sini.

Aplikasi perpesanan Whatsapp masih menjadi andalan untuk saling berkirim pesan. Melansir Statista, Whatsapp menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia pada tahun lalu.

Masyarakat tak hanya menggunakan Whatsapp untuk saling berkirim pesan melainkan beragam hal lain seperti foto, dokumen, pesan suara dll.

Khusus untuk foto, Whatsapp sudah mengizinkan pengguna untuk mengeditnya sebelum dikirim. Berikut caranya seperti dikutip halaman resmi Whatsapp.

1. Klik tanda seperti klip kertas di layar Whatsapp Anda

2. Jika ingin mengambil foto baru, klik ikon kamera. Namun jika ingin mengambil foto dari file yang sudah ada cukup klik Photos & Videos lalu masuk ke galeri foto di ponsel Anda.

3. Klik tanda Plus untuk menambah foto atau video. Anda pun sudah dapat mengedit foto yang sudah dipilih.

Fitur-fitur Edit Foto Whatsapp

Fitur-fitur edit yang ada pada Whatsapp terbilang sederhana.

Pertama, Anda hanya dapat memotong (crop), menambahkan stiker, menambahkan kotak teks, mengaburkan (blur) foto, atau menggambar di atas foto Anda.

Memotong foto

Untuk memotong foto, Anda hanya perlu mengklik tanda mirip sebuah persegi yang garisnya saling bersilangan. Kemudian, silakan Anda atur seberapa besar atau kecil bagian yang Anda ingin hilangkan dalam foto. Anda juga dapat merotasi foto yang Anda inginkan.

Jika sudah selesai, klik Done (selesai).

Menambahkan emoji atau stiker

Anda juga dapat menambahkan emoji atau stiker. Caranya, klik ikon emoji atau stiker lalu pilih sesuka hati Anda. Anda juga dapat mengatur ukuran, memindahkan, dan merotasi emoji atau stiker tersebut.

Jika sudah selesai, klik Done (selesai).

Menambahkan teks

Untuk menambahkan teks, cukup klik ‘Text’ yang memiliki ikon seperti huruf T. Ketikan teks yang ingin Anda masukan lalu klik Done jika sudah selesai.

Jika ingin mengubah jenis huruf, klik Font Selector yang berlogo huruf A yang terletak di bawah foto Anda. Sementara untuk mengubah warna teks, Anda dapat memilih ikon salah satu warna yang ada pada foto Anda.

Anda pun dapat mengubah ukuran, merotasi, atau memindahkan teks. Tak hanya itu, klik Background jika Anda ingin menghapus atau menambahkan background pada teks Anda.

Menggambar di atas foto Anda

Untuk menggambar di atas foto, klik tanda mirip pensil lalu pilih warna yang Anda inginkan. Kemudian, klik di bagian mana pun pada foto lalu geser sesuka hati Anda seolah-olah sedang menulis atau menggambar dengan tangan.

Klik batalkan (undo) atau ulangi (redo) jika ingin membatalkan penghapusan atau mengulangi aksi yang sama. Klik “Done” ketika Anda sudah selesai.

Mengaburkan seluruh atau sebagian foto

Klik tanda yang mirip seperti papan catur kemudian geser kotak blur itu ke area yang baru dari foto. Untuk mengatur ulang ukurannya, geser ke arah dalam atau luar untuk membuat area seleksi menjadi lebih kecil atau besar.

Untuk mengubah tingkat blur pada foto, pindahkan Slider ke kiri atau ke kanan. Anda juga dapat mengubah efek blur dengan mengklik Blur Selector.

[Gambas:Video CNN]

(lth/lth)






Sumber: www.cnnindonesia.com