Cara dan Jadwal Dapat Set Top Box Gratis usai ASO Jabodetabek

Lebih dari 400 ribu STB gratis diklaim tengah disebar kepada rakyat miskin di Jabodetabek jelang ASO 2 November.

Jakarta, CNN Indonesia

Siaran TV analog disetop per Rabu (2/11) pukul 24.00 WIB via program Analog Switch Off (ASO) wilayah Jabodetabek dan ratusan kota lainnya. Masyarakat pun diminta segera beralih ke siaran digital yang membutuhkan Set Top Box (STB).

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan STB gratis bagi warga berkategori miskin.

“Berdasarkan pendataan pensasaran pencepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, jumlah calon penerima STB 5,6 juta rumah tangga miskin di mana penyelenggara multipleksing swasta menyediakan 4,3 juta unit STB, kekurangannya disediakan pemerintah,” ujarnya, dalam acara Hitung Mundur ASO, di Kominfo, Jakarta, Rabu (2/11) tengah malam.

Secara nasional, STB itu sudah disalurkan kepada 1 juta rumah tangga miskin di berbagai wilayah. Untuk wilayah Jabodetabek, lanjutnya, pemerintah sudah menyalurkan 479.307 unit STB per 1 November (98,7 persen).

“Guna mengantisipasi apabila misalnya masih ada yang membutuhkan STB, maka pemerintah telah menyiapkan akses kotak layanan 10059 atau chat box 08118202208. Pemerintah telah menyiapkan enam posko STB di Jabodetabek dan Tangsel, mulai tanggal 2 November hingga 4 November 2022,” tutur Mahfud.

Bagaimana cara meminta STB gratis itu bagi yang belum kebagian? Terdapat sejumlah syarat yang ditetapkan Kominfo, yakni:

1. Memiliki e-KTP

2. Rumah tangga miskin namun memiliki televisi, serta terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

3. Lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO.

Jika sudah memenuhi syarat, apa tahap selanjutnya? Dikutip dari siaran pers Kominfo, berikut langkah-langkahnya:

– Buka situs https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/.

– Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kode captcha pada kolom yang tersedia.

– Klik “Pencarian”.

– Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, Anda dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli.

– Jika mengalami kendala dalam mengakses situs, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko.

Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB di wilayah Jabodetabek mulai beroperasi sejak 2 hingga 4 November mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB. Ada enam lokasi yang telah ditetapkan Kominfo sebagai posko tersebut.

Lokasi posko itu antara lain di Akmani Hotel (Jakarta), Hotel Bumi Wiyata (Depok), Hotel Amarossa Grande (Kota/Kabupaten Bekasi), Hotel Novotel (Kota/Kabupaten Tangerang), Hotel Grand Zuri BSD City (Kota Tangerang Selatan), dan Hotel Salak The Heritage (Kota/Kabupaten Bogor).

ASO 2 November ini digelar di 14 kabupaten dan kota di wilayah Jabodetabek, 173 kabupaten/kota yang selama ini tidak mendapatkan siaran televisi analog (non-terrestrial), dan 43 kabupaten/kota lainnya.

[Gambas:Video CNN]

(lth)









Sumber: www.cnnindonesia.com