Cara Cek Typo di Word dengan Mudah tanpa Aplikasi Tambahan

Microsoft kabarnya akan memakai teknologi GPT dari Open AI untuk beberapa produk mereka, termasuk MS Word dan PowerPoint.

Jakarta, CNN Indonesia

Typo adalah kesalahan yang dibuat penulis pada saat proses mengetik atau singkatnya disebut salah ketik. Cara cek typo di Word penting diketahui untuk menghindari kesalahan ejaan pada bahan tulisan yang dibuat.

Meski typo sering dianggap wajar karena kesalahannya dilakukan oleh manusia dan bukan mesin, bukan berarti hal itu tidak dapat dihindari.

Sebab salah mengetik kata-kata dalam tulisan justru bisa berakibat fatal. Selain bisa mengubah arti tulisan, penulisnya juga bisa dinilai tidak profesional karena salah ketik.

Cara Cek Typo di Word

Program officer Microsoft Word mempunyai berbagai macam fitur yang bisa memudahkan penggunanya. Salah satunya cek typo tulisan melalui fitur proofing di Microsoft Word.

Dilansir dari laman resmi Microsoft, cara cek typo di Word sebenarnya bisa otomatis aktif terutama untuk pengguna Ms Outlook, Word, dan PowerPoint versi 2013 ke atas.

Office menyediakan fitur mengecek potensi kesalahan ejaan dengan tanda garis berlekuk merah, sedangkan potensi kesalahan tata bahasa ditandai dengan garis berlekuk biru.

Apabila fitur cek typo di Ms Word Anda masih nonaktif, berikut langkah-langkah mengaktifkannya supaya typo pada tulisan dapat segera teratasi.

Cara mengaktifkan fitur cek typo di Ms Word:

  1. Buka Microsoft Word lewat perangkat masing-masing.
  2. Buka satu file tulisan yang ingin dicek typo atau kesalahan ejaannya.
  3. Pilih menu Review > klik opsi Language > klik Language Preference.
  4. Cek pada menu Office authoring languages and proofing, apakah Kamus Bahasa Indonesia sudah terinstal atau belum. Jika sudah, akan ada keterangan Indonesia Proofing Installed.
  5. Jika Kamus Bahasa Indonesia belum terpasang maka instal terlebih dulu dengan klik opsi Add Language di bagian kanan > pilih Indonesia > centang kolom Get Proofing Tools > Add > OK.

Cara mengecek typo di Ms Word:

  1. Setelah Kamus Bahasa Indonesia diinstal, sekarang kembali buka dokumen yang akan dicek typo-nya.
  2. Tekan Ctrl+A > klik Language > Set Proofing Language > klik Indonesia > Set As Default > Yes > OK.
  3. Nantinya akan muncul tanda garis merah di bawah tulisan yang typo pada dokumen kamu supaya segera diperbaiki.
  4. Atau setelah muncul tanda garis merah di bawah tulisan typo, kamu bisa tekan Ctrl+A dan klik Spelling & Grammar.
  5. Setelah klik opsi Spelling & Grammar, kamu akan dibantu memilih kata-kata tepat sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) supaya tulisannya kembali benar.

Itulah cara cek typo di Word dengan mudah tanpa aplikasi tambahan, hanya dengan mengaktifkan fitur proofing melalui pengaturan bahasa di Microsoft Word. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

(avd/juh)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com