Cara Cek Penerima STB Gratis dengan NIK secara Online

MNC Group dan Viva Group mengaku mematikan siaran analognya pada Kamis (3/11) pukul 24.00 WIB. Bagaimana kenyataannya?
Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah membagikan STB gratis untuk kelompok masyarakat tertentu di berbagai wilayah di Indonesia. Khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah diimbau untuk segera mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bantuan STB atau tidak.

Cara cek penerima STB gratis sendiri cukup mudah, masyarakat dapat mengeceknya sendiri dengan NIK secara online.

Untuk diketahui, STB atau Set Top Box merupakan alat berisi perangkat dekoder yang berguna untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima. Nantinya, pengguna dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Kini, masyarakat di wilayah Jabodetabek sudah tidak bisa menyaksikan siaran televisi atau TV apabila TV di rumah belum dilengkapi dengan STB atau belum mendukung fitur DVB-T2. STB dan fitur DvB-T2 tersebut digunakan sebagai alat untuk menerima sinyal TV digital.

Bersamaan dengan mematikan siaran TV analog dan mengalihkan ke TV digital, Kominfo membagikan STB secara gratis untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem atau RTM.

Sementara bagi masyarakat kalangan menengah ke atas, STB bisa dengan mudah didapatkan melalui toko-toko online maupun offline.

Lantas, bagaimana cara cek penerima STB gratis ini? Masyarakat dapat melakukan cek penerima STB gratis melalui laman resmi Kominfo. 

Cara Cek Penerima STB Gratis Secara Online


Ilustrasi. Cara cek penerima STB gratis dengan NIK secara online (Foto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

Berikut cara cek penerima STB gratis dengan NIK secara online.

Nantinya, sistem Cek Penerima Bantuan STB Kominfo akan mencari nama calon penerima STB sesuai NIK (eKTP) yang Anda masukkan.

Apabila Anda tidak termasuk dalam daftar penerima, akan muncul notifikasi ‘Failed! Pencarian tidak ditemukan, Anda tidak termasuk calon penerima bantuan STB’.

Namun jika Anda mengalami kendala dalam mengakses website, Anda dapat menghubungi call center 159 atau nomor telepon posko terdekat.

Demikian cara cek penerima STB gratis dengan NIK secara online. Semoga dapat bermanfaat.

(juh/fef)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com