Bukan TikTok, Medsos Nomor 1 Dunia Masih Pemain Lama

Meta menempatkan peraturan akun Instagram, Facebook dan Messenger penggunanya di dalam satu paket.

Jakarta, CNN Indonesia

Old but goldFacebook, yang disebut makin ditinggalkan anak muda, masih menempati posisi pertama media sosial terpopuler di dunia, mengalahkan media sosial lainnya yang lebih kekinian seperti Twitter, Instagram, dan TikTok.

Sebelumnya, Pew Research Center melakukan survei tentang remaja, teknologi dan media sosial pada 14 April-4 Mei dan diterbitkan pada 8 Agustus 2022.

Hasilnya, 32 persen remaja masih menggunakan Facebook. Angka ini jauh menurun ketimbang survei sebelumnya pada 2014-2015. Saat itu, masih ada 71 persen remaja menggunakan medsos yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut.

Ketika itu, Facebook jauh mengungguli para pesaingnya seperti Instagram (52 persen), Snapchat (41 persen), Twitter (33 persen), dan Tumblr (14 persen).

Dalam studi yang sama, Pew Research Center mengungkap medsos yang paling banyak terkoneksi dengan remaja adalah TikTok (67 persen) dan Instagram (62 persen).

Temuan baru Pew Research Center juga konsisten dengan pelaporan internal Facebook, menurut dokumen yang dibocorkan oleh Frances Haugen, seorang peneliti Facebook.

Dalam temuan itu, pengguna remaja di aplikasi Facebook 2021 menurun 13 persen sejak 2019. Dokumen itu juga memproyeksikan bahwa angka tersebut akan terus turun 45 persen selama dua tahun ke depan.

Merespons hal itu, Meta mengklaim Facebook terhubung dengan keluarga dan lebih personal serta mengakui soal persepsi spesialis generasi lama.

“Saya rasa semua media sosial punya fungsi masing-masing dan misalnya FB banyak fitur yang mereka lebih terhubung dengan keluarga, lebih personal,” kata Director Creator Partnership Southeast Asia Revie Sylvian, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Kadang-kadang mereka melihatnya karena FB itu sudah ada lama lebih dari 15 tahun, jadi persepsinya lebih kaya untuk generasi yang lebih tua dan sebagainya,” ujar dia.

Traffic terbaru

Pada data terbaru merujuk situs pemantau traffic Similarweb, Facebook berada di peringkat pertama sebagai situs web terpopuler dalam kategori Jejaring Media Sosial per 1 Juli 2023.

Total kunjungan (desktop dan mobile) ke Facebook mencapai 16,8 miliar visit per bulan lalu.

Jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna di situs Facebook adalah 10 menit 43 detik dan melihat rata-rata 8,68 halaman per kunjungan.

Halaman per kunjungan (pages/visit) adalah metrik keterlibatan populer yang dihitung dengan membagi jumlah total tampilan situs web dengan jumlah total pengunjung.

Bounce rate Facebook adalah 30,83 persen, yang mengartikan bahwa ada 30,83 persen pengunjung meninggalkan Facebook setelah melihat hanya satu halaman.

Di peringkat kedua ada Instagram dengan 6,5 miliar visit dengan rata-rata kunjungan 8 menit 22 detik. Pengguna Instagram melihat rata-rata 10,81 halaman per kunjungan dan rasio bounce rate 34,61 persen.

Posisi berikutnya ada Twitter, yang kini jadi X, milik miliarder Elon Musk dengan 6,5 miliar visit. Dalam catatan Similarweb, durasi kunjungan rata-rata Twitter adalah 10 menit 47 detik, rata-rata halaman per kunjungan 10,19, dan rasio bounce rate adalah 32,46 persen.

WhatsApp di posisi keempat dengan 2,9 miliar kunjungan dengan rata-rata kunjungan 18 menit 38 detik. Bounce rate-nya 42,93 persen, dan rata-rata halaman website yang dilihat per kunjungan adalah 1,72.

TikTok berada di posisi kelima dalam daftar tersebut dengan 2,1 miliar visit. Berdasarkan catatan Similarweb, pengguna TikTok melihat 7,61 halaman per kunjungan dan cuma menghabiskan 3 menit 44 detik di situs web. Bounce rate TikTok mencapai 38,76 persen.

Urutan keenam ada Linkedin dengan 1,7 miliar visit. Durasi kunjungan rata-rata setiap pengguna 7 menit 28 detik. Pengguna Linkedin melihat 7,82 halaman per kunjungan dan bounce rate-nya 24,61 persen.

Berikutnya ada Reddit di posisi ketujuh dengan 1,7 miliar kunjungan dan dengan rata-rata visit 8 menit 24 detik. Selain itu, pengguna melihat 6,21 halaman per kunjungan dan bounce rate 37,98 persen.

Di posisi kedelapan ada vk.com dengan 1,3 miliar visit. Durasi kunjungan rata-rata 12 menit 53 detik dan rasio bounce rate 26,30 persen. Pengguna vk.com melihat 15,69 halaman per kunjungan.

Di posisi kesembilan ada Discord.com dengan 1,1 miliar pengunjung. Durasi kunjungannya 6 menit 41 detik dan bounce rate 52,10 persen. Merujuk Similarweb, pengguna discord mengunjungi 7,22 halaman setiap kunjungan.

Posisi 10 besar ditempati oleh Pinterest dengan 1 miliar kunjungan. Durasi visit rata-rata 05 menit 57 detik dengan bounce rate 41,14 persen. Setiap pengguna melihat 6,31 halaman per kunjungan.

[Gambas:Video CNN]

(arh)





Sumber: www.cnnindonesia.com