Buka Leadership Forum, Menkominfo Ungkap Bukti Konkret Digitalisasi

Sebanyak 11.333 konten judi online diberantas Kominfo dalam pekan ini alias setelah pengangkatan Budi Arie sebagai Menkominfo.

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi membuka ajang Digital Creative Leadership Forum sambil menyinggung visi Indonesia Maju 2045.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor. Pemerintah berupaya mewujudkan visi Indonesia Maju 2045. Salah satu pilar penting dari visi tersebut adalah pembangunan infrastruktur digital yang kuat,” ucapnya, dalam pidato pembukaan ajang tersebut, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Kamis (9/11).

Menurutnya, transformasi digital bertujuan “mencapai perubahan yang signifikan dalam penerapan teknologi digital.”


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui penggunaan alat dan sistem digital yang efisien. Di samping itu, meningkatkan adaptabilitas dan fleksibilitas terhadap perubahan pasar dan teknologi yang cepat.

“Dan meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis sehingga dapat memperluas jangkauan pasar,” lanjut Budi.

Ia pun memaparkan efek nyata transormasi digital.

Mengutip survey McKinsey (2021) dan IFC (2023), transformasi digital memicu peningkatan di sektor retail 51 persen, kesehatan 75 persen, akomodasi dan layanan makanan 47 persen, manufaktur 38 persen, dan pertanian 35 persen.

Budi pun menyebut, dalam mendukung transformasi ini, “Pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas dan cakupan infrastruktur bagi transformasi digital tersebut di seluruh Indonesia.”

Ajang Digital Creative Leadership Forum ini sendiri menghadirkan berbagai narasumber dari kementerian dan korporasi. Inti pembahasannya mencakup transformasi digital hingga kecerdasan buatan (AI).

[Gambas:Video CNN]

(tst/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com