Berapa Kabupaten/Kota yang Sudah Matikan TV Analog?

Walau tak mencakup 514 kabupaten/kota, wilayah yang menggelar ASO 2 November bertambah dari yang sebelumnya diwacanakan. Simak rinciannya di sini.

Jakarta, CNN Indonesia

Jumlah kabupaten/kota yang menggelar pemadaman televisi analog (Analog Switch Off/ASO) bertambah menjadi 230 meski tak menjangkau semua wilayah.

Per Rabu (2/11) pukul 24.00 WIB, Pemerintah menyetop siaran analog di 230 kabupaten/kota dalam gelaran Countdown ASO di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menko Polhukam Mahfud MD, dalam sambutannya di acara itu, merinci tahapan daerah yang menggelar ASO.

Pertama, 8 kabupaten/kota yang sudah menggelar ASO pada April 2022. Yakni, Kota Dumai, Kab. Bengkalis, Kab Kepulauan Meranti (Riau); Kabupaten Timor Tengah Utara, Kab. Belu, Kab. Melaka (NTT); Kota sorong dan Kabupaten Sorong (Papua Barat).

Kedua, 35 Kabupaten/Kota yang hanya dijangkau siaran TVRI, dihentikan siaran analognya pada 5 Oktober 2022. Ketiga, 173 Kabupaten/Kota yang belum terjangkau oleh siaran analog.

“Sehingga sebelum malam ini sebenarnya sudah ada 216 kabupaten/kota yang tidak lagi menerima siaran analog. Dari ujicoba dan penghentian di kabupaten/kota tersebut pemerintah telah melakukan evaluasi dan perbaikan sehingga penghentian siaran analog bisa berjalan lebih baik lagi,” tutur Mahfud.

Keempat, lanjut Mahfud, 14 daerah administrasi kabupaten/kota di kawasan Jabodetabek.

“Malam ini momen wilayah Jabodetabek, meliputi 14 daerah administrasi kabupaten/kota telah menghentikan siaran analog. Dalam menghadapi penghentian ini, pemerintah membantu penyediaan STB untuk rumah tangga kurang mampu,” kata Mahfud.

Alhasil, jumlah kabupaten/kota yang belum menggelar ASO 2 November mencapai 284, berkurang dari yang sebelumnya dikatakan mencapai 292 wilayah.

Di acara yang sama, Menkominfo Johnny G Plate mengungkapkan migrasi ke TV digital ini sudah melalui proses yang “panjang dan sangat berliku”.

“Melalui silang pendapat, pro dan kontra yang terjadi, namun tujuan kita sama untuk menjaga industri kita dengan baik,” kata dia.

Sejauh ini, Kominfo belum merinci daftar daerah yang tak lagi menyiarkan channel analog.

Sebelumnya, pada jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (24/10),  Menkominfo mengungkapkan wilayah yang menggelar ASO 2 November “ada 222 kabupaten/kota yang total Analog Switch Off.”

Saat itu, ia mengatakan masih ada 292 kota dan kabupaten yang belum bisa melaksanakan ASO pada 2 November “sesuai kesiapan-kesiapan wilayah”.

(lth/arh)



[Gambas:Video CNN]







Sumber: www.cnnindonesia.com