Beda Foto Orang dan Cermin Pakai Kamera iPhone, Cek Sebabnya

Sebuah foto di media sosial Instagram jadi sorotan karena memuat pose berbeda antara orang dan pantulannya di cermin, padahal foto sama sekali tidak diedit.


Jakarta, CNN Indonesia

Sebuah foto di media sosial Instagram ramai diperbincangkan karena memuat pose berbeda antara orang dan pantulannya di cermin, padahal foto tersebut sama sekali tidak diedit.

Unggahan dari akun @wheatpraylove pada 5 November 2023 tersebut menuai ratusan komentar.

Sekilas, foto ini tampak tak memiliki keanehan dan hanya seperti foto seorang perempuan yang tengah mencoba gaun pengantin. Namun, jika dilihat lebih seksama, foto ini menampilkan pose yang berbeda dari orang tersebut pada pantulan cermin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini adalah foto asli, bukan hasil editan, bukan panorama, bukan Live Photo,” kata pengunggah foto tersebut.

[Gambas:Instagram]

Pengunggah tersebut menjelaskan foto ini diambil dengan menggunakan perangkat iPhone.

Melansir Engadget, perbedaan pose pada cermin dan orang tersebut merupakan masalah teknis pada sistem kamera iPhone.

Sebagai informasi, ketika kita menekan tombol kamera pada kamera ponsel modern, miliaran operasi komputasi terjadi dalam sekejap dan menghasilkan foto.

Dalam kasus ini, perangkat lunak Apple tidak menyadari ada cermin dalam bidikan kamera, sehingga memperlakukan setiap versi subjek sebagai tiga orang yang berbeda.

Orang tersebut tampaknya bergerak pada saat foto diambil, sehingga algoritme menyatukan foto dari beberapa gambar.

Hasilnya, kompilasi perbedaan pose antara orang dan pantulan yang ada di cermin.

Perangkat lunak kamera smartphone selalu mengambil dari banyak gambar sekaligus, menggabungkan sesuka hati dan menyesuaikan kontras, saturasi, detail serta mengurangi keburaman.

Dalam sebagian besar kasus, hal ini tidak menimbulkan masalah. Namun, sesekali, perangkat lunak menjadi sedikit bingung seperti dalam kasus ini.

Jika ada tiga orang yang berbeda dalam foto tersebut, dan bukannya satu orang dengan dua cermin, maka setiap subjek mungkin akan terwakili dengan baik.

(lom/dmi)



Sumber: www.cnnindonesia.com