Basmi Hoaks Jelang Pilpres 2024

Risau hoaks yang makin menjamur saat Pilpres 2024? Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Pangarepan bakal blak-blakan soal jumlah dan cara tangkalnya.

Jakarta, CNN Indonesia

Hoaks atau pun disinformasi, berdasarkan riwayatnya, makin meninggi intensitasnya di kala musim Pilpres. Penyisiran konten negatif dan literasi publik jadi kuncinya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkap mesin pengais konten negatif (AIS) Kementerian Kominfo mengidentifikasi 117 isu hoaks terkait pemilu di berbagai platform media sosial sejak Januari 2022 hingga 12 November 2023.

Kominfo pun menyadari pentingnya literasi digital bagi publik agar tak mudah tertipu hoaks. Beberapa tips pun diberikan, seperti jangan langsung menyebarkan informasi yang diterima dan memeriksa kebenaran informasi yang diterima.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, bagaimana potensi hoaks pada tahun politik 2024, apakah makin membesar? Apa yang bisa dilakukan pemerintah dan publik untuk tak lelah untuk menepisnya?

Saksikan bincang-bincang bersama Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Pangerapan di Podcast What the Fact! Startech, Jumat (24/11) pukul 19.00 WIB. Obrolan ini akan dipandu oleh wartawan Tsarina Maharani dan Ihsan Dalimunthe.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com