Bandung Raya Mulai Musim Hujan, Simak Jadwal Lengkapnya

Kenapa hujan fase awal memunculkan aroma unik petrichor? Akibat interaksi air dengan mikroba di tanah ataukah reaksi dengan mineral tertentu?

Jakarta, CNN Indonesia

Sebagian Bandung kini sudah masuk awal musim hujan dengan mayoritas mencapai puncaknya pada Februari 2024. Simak daftar lengkap datangnya hujan di wilayah Bandung Raya, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Cimahi.

Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG, mengungkap awal musim hujan umumnya berkaitan dengan peralihan angin timuran dari arah Australia atau disebut monsoon Australia menjadi angin baratan atau monsoon Asia atau angin yang berasal dari arah benua Asia.

“Jadi akan terjadi pergantian saat ini yang berpengaruh angin dari Australia, gurun Australia, yang saat ini sedang musim dingin dan kering,” kata Dwikorita beberapa waktu lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Khusus di Pulau Jawa, berdasarkan Analisis Iklim BMKG ‘Prakiraan Musim Hujan 2023/2024 di Indonesia’, 19 Zona Musim (ZOM) mengalami musim hujan mulai Oktober 2023 dasarian (sepuluh hari) I-III;

Selain itu, 117 ZOM mulai dapat hujan di November 2023 dasarian I-III, 54 ZOM di Desember 2023 dasarian I-III, dan dua ZOM di Januari 2024 dasarian I.

Soal intensitas hujan, sebagian besar atau 146 ZOM di Jawa mengalami musim hujan Normal, 33 ZOM diprakirakan mengalami sifat Bawah Normal, dan 14 ZOM di atas Normal.

BMKG memprediksi puncak musim hujan 2023/2024 di Pulau Jawa terjadi mulai Desember 2023 hingga Februari 2024, rinciannya enam ZOM pada Desember 2023, 33 ZOM pada Januari 2024, 149 ZOM pada Februari 2024, dan lima ZOM pada Maret 2024.

Durasi musim hujan di Pulau Jawa umumnya diprakirakan terjadi selama 10 – 24 dasarian. Rinciannya, dua ZOM terjadi selama sembilan dasarian, 40 ZOM terjadi selama 10 – 12 dasarian;

Selain itu, 49 ZOM terjadi selama 13 – 15 dasarian, 55 ZOM terjadi selama 16 – 18 dasarian, tujuh ZOM terjadi selama 19 – 21 dasarian, 32 ZOM terjadi selama 22 – 24 dasarian dan sebanyak tujuh ZOM terjadi selama 25 – 27 dasarian.

“Apabila dibandingkan dengan normal durasi musim hujan, durasi musim hujan 2023/2024 di sebagian besar Pulau Jawa diprakirakan lebih pendek dari normalnya,” kata BMKG.

Khusus untuk wilayah sekitar ibu kota Jawa Barat alias Bandung Raya, BMKG mengungkap prakiraan kedatangan hujannya berikut:

10 hari pertama November

Wilayah yang diprediksi mengalami musim hujan di sepuluh hari pertama November masuk dalam ZOM Jawa Barat 27 dan ZOM Jawa Barat 28, yakni:

1. ZOM Jawa Barat 27: Bandung bagian barat daya, sebagian kecil Bandung Barat bagian barat daya.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024, alias mundur satu dasarian. Namun, panjang musimnya lebih pendek dari tiga dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 22 dasarian.

2. ZOM Jawa Barat 28: sebagian kecil Bandung bagian selatan dan tenggara.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024, alias mundur satu dasarian. Namun, panjang musimnya lebih pendek dari dua dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 22 dasarian.

10 hari kedua November

Wilayah yang diprediksi mengalami musim hujan di sepuluh hari kedua November masuk dalam ZOM Jawa Barat 7, ZOM Jawa Barat 10, dan ZOM Jawa Barat 31, yakni:

1. ZOM Jawa Barat 7: sebagian kecil Bandung bagian barat, Bandung Barat bagian selatan.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024, alias mundur satu dasarian. Namun, panjang musimnya lebih pendek dari dua dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 22 dasarian.

2. ZOM Jawa Barat 10: Bandung Barat bagian barat laut.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024, alias mundur satu dasarian. Namun, panjang musimnya lebih pendek satu dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 22 dasarian.

3. ZOM Jawa Barat 31: Bandung, Bandung Barat bagian timur, Kota Bandung, Kota Cimahi.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Maret 2024, alias maju satu dasarian. Namun, panjang musimnya lebih pendek tiga dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 16 dasarian.

10 hari ketiga November

Wilayah yang diprediksi mengalami musim hujan di sepuluh hari ketiga November masuk dalam ZOM Jawa Barat 6, ZOM Jawa Barat 19, dan ZOM Jawa Barat 32, yakni:

1. ZOM Jawa Barat 6: Bandung bagian tenggara.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024 alias normal. Namun, panjang musimnya lebih pendek tiga dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 16 dasarian.

2. ZOM Jawa Barat 19: sebagian kecil Bandung bagian utara, sebagian kecil Bandung barat bagian timur laut.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024 alias normal. Namun, panjang musimnya lebih pendek tiga dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 16 dasarian.

3. ZOM Jawa Barat 32: sebagian kecil Bandung bagian tengah dan timur.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Maret 2024, maju satu dasarian dari biasanya. Namun, panjang musimnya lebih pendek tiga dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 15 dasarian.

[Gambas:Video CNN]

(tim/dmi)




Sumber: www.cnnindonesia.com