Bahaya WA Mod Hingga Kelompok Hacker Ancam PM Israel

Sejumlah isu sains dan teknologi mewarnai pekan ini, termasuk soal WhatsApp Mod hingga musim hujan. Simak paparannya berikut.

Jakarta, CNN Indonesia

Beberapa isu sains dan teknologi signifikan muncul pekan ini, termasuk soal WhatsApp Mod hingga musim hujan. Simak paparannya berikut.

Kabar berita yang kuat di kanal Teknologi masih didominasi soal isu musim hujan, El Nino, dan cuaca ekstrem. Hal ini wajar lantaran kondisi langit yang makin sering gelap untuk kemudian hujan.

Sementara, dari bidang teknologi peneliti memperingatkan bahya aplikasi modifikasi alias mod.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut paparan lengkapnya.

WhatsApp Mod

Peneliti di perusahaan siber asal Rusia Kaspersky menemukan aplikasi modifikasi alias mod mata-mata WhatsApp baru yang berbahaya bagi pengguna aplikasi tersebut.

“Kaspersky telah mengidentifikasi mod WhatsApp baru yang tidak hanya menawarkan tambahan seperti pesan terjadwal dan opsi yang dapat disesuaikan, namun juga berisi modul spyware berbahaya,” tulis Kaspersky dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (13/11).

App mod WA mata-mata (spy) tersebut akan diluncurkan saat telepon dihidupkan atau diisi daya. Setelah diaktifkan, implant berbahaya mengirimkan permintaan berisi informasi perangkat ke server penyerang.

Datanya mencakup IMEI, nomor telepon, kode negara, hingga jaringan. “Aktivitas itu juga mengirimkan kontak korban dan rincian akun setiap lima menit, serta mampu mengatur rekaman mikrofon hingga mengekstrak file dari penyimpanan eksternal,” ungkap Kaspersky.

Blokir TikTok

Pemerintah Nepal mengumumkan akan memblokir TikTok karena masalah keamanan dan dugaan promosi ujaran kebencian, Senin (13/11).

Menurut Reuters, berdasarkan laporan media India ANI, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Nepal Rekhma Sharma menyebut keputusan melarang TikTok dibuat dalam rapat kabinet baru-baru ini.

Menurut pemberitaan Kathmandu Post, TikTok mendapatkan kritik dari masyarakat Nepal karena cenderung digunakan untuk ujaran kebencian.

Sebanyak 1.647 kasus kejahatan dunia maya di TikTok dilaporkan dalam empat tahun terakhir

Biro Siber Kepolisian Nepal, Kementerian Dalam Negeri, dan perwakilan TikTok dilaporkan membahas masalah ini awal pekan lalu, dan keputusan pemberlakuan larangan tersebut diperkirakan akan ditegakkan setelah persiapan teknis selesai.

Hewan punah ditemukan

Hewan langka bernama Echidna yang telah dinyatakan hilang selama 62 tahun kini muncul kembali dan ditemukan di Pegunungan Cyclops Papua.

Spesies mamalia ini ditemukan dalam kegiatan training biodiversity antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Universitas Cenderawasih, dan Universitas Oxford pada Juni dan Juli 2023.

Penemuan kembali Echidna Paruh Panjang Attenborough atau Zaglossus attenboroughi didapatkan dari video Kamera trap (Kamera jebakan) yang dipasang di Pegunungan Cyclops.

peneliti dari Oxford University James Kempton mengatakan keabsahan penemuan ini diperkuat oleh pernyataan dua ahli mamalia Australasia terkemuka dunia, yakni Kris Helgen dan Tim Flannery.

Kedua pakar tersebut sepakat menyatakan penampakan mamalia berukuran 48-64 sentimeter dengan berat 4-9 kilogram yang tertangkap kamera adalah jenis Echidna Paruh Panjang Attenborough.

Penampakan spesies endemik Papua ini pertama kali diidentifikasi oleh Pieter van Royen, seorang ahli botani Belanda di Gunung Rara Pegunungan Cyclops Papua pada 1961.

Bumi terpanas

Analisis lembaga pemerhati perubahan iklim Climate Central mengungkap mulai November 2022 sampai Oktober 2023 merupakan periode terpanas sepanjang sejarah Bumi.

Menurut hasil analisis terkini Climate Central, selama periode itu rata-rata temperatur global 1,3 derajat Celsius di atas temperatur pada masa pra-industri.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan 2023 berpeluang besar menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah pencatatan iklim.

“Dari data Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), bulan Juli-Agustus 2023, tercatat sebagai tiga bulan terpanas sepanjang sejarah, dengan menyimak evolusi iklim 2023, tahun ini berpeluang besar akan menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah pencatatan iklim,” kata dia, dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (15/11) dikutip dari Antara.

Dukungan buat Gaza

Miliarder Elon Musk, Dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara podcast Lex Fridman pada Jumat, pekan lalu, memilih menyarankan jalan damai berupa “conspicuous acts of kindness.”

Musk mengatakan tujuan Hamas menyerang Israel bukanlah untuk menang, tapi memicu pergolakan dunia muslim dalam isu Palestina-Israel.

“[Hamas] benar-benar ingin melakukan kekejaman terburuk yang mereka bisa untuk memprovokasi respons paling agresif dari Israel kemudian memanfaatkan respons agresif tersebut untuk menggalang umat Islam di seluruh dunia demi Gaza dan Palestina,” kata Musk.

“Jadi hal yang berlawanan dengan intuisi di sini, hal yang menurut saya harus dilakukan, meskipun sangat sulit, adalah saya akan merekomendasikan agar Israel melakukan tindakan kebaikan yang paling mencolok (conspicuous acts of kindness) yang pernah ada, itu adalah hal yang sebenarnya akan menggagalkan tujuan Hamas,” urainya.

Senada, kelompok hacker Anonymous Global mengancam akan “mengambil tindakan” jika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tak segera menghentikan serangan dan genosida pada penduduk Palestina di Gaza.

“Jika Anda terus melanjutkan jalan penghancuran dan genosida ini, kami akan mengambil tindakan sebagai tanggapan atas pembangkangan Anda,” ujar Anonymous dalam sebuah video yang diunggah @AnonGlobalNow01 pada Jumat (10/11).

Internet super-ngebut

China membangun jaringan internet dengan kecepatan sekitar 1,2 Terabit atau 1.200 Gigabit per detik (Gbps).Produsen China, Huawei, menyebut kapasitas semacam ini cukup cepat untuk mentransfer 150 film dalam satu detik.

Layanan internet ini tak diperuntukkan buat rumah tangga.

Namun, jaringan ini diproyeksikan bakal berdampak luas terhadap dunia usaha, transfer informasi yang lebih cepat, keuntungan buat perdagangan saham, dan implikasi keamanan nasional lainnya.

Jakarta musim hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian besar wilayah Jakarta resmi masuk musim hujan pada tengah November ini, tetapi ada wilayah yang kemungkinan baru memasuki musim hujan pada Desember.

“Untuk wilayah DKI Jakarta mulai bagian tengah hingga ke selatan itu di periode pertengahan November itu sudah mulai memasuki awal musim hujan,” ujar Miming Saepudin, Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, di acara Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan di Provinsi DKI Jakarta secara daring, Rabu (15/11).

“Sedangkan yang untuk [Jakarta] yang bagian utara ini masih agak mundur nih di periode Januari [dasarian] I atau mungkin nanti lebih cepatnya di Desember awal di Desember akhir,” lanjutnya.

Starship

Badan Penerbangan Federal AS (FAA) memberikan izin buat peluncuran Starship, pesawat antariksa milik SpaceX yang akan dipakai di misi Artemis NASA ke Bulan, yang kedua kalinya.

“FAA telah memberikan autorisasi lisensi untuk peluncuran kedua kendaraan SpaceX Starship Super Heavy. FAA menetapkan SpaceX memenuhi semua persyaratan keselamatan, lingkungan, kebijakan, dan tanggung jawab keuangan,” demikian dikutip dari Space.

Starship dijadwalkan akan terbang dari Starbase, fasilitas SpaceX di Texas, AS, pada dua jam jendela peluncuran Jumat (17/11) yang dibuka mulai pukul 08.00 EST (20.00 WIB). Namun, pergantian sirip roket membuat peluncuranya tertunda sehari.

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com